Technopark Dukung Pertumbuhan Ekonomi

bandungekspres.co.id, CIMAHI – Wali Kota Cimahi Atty Suharti secara resmi melakukan soft launching Gedung Cimahi Technopark di Jalan Baros, Kelurahan Utama, Kecamatan Cimahi Utara, Minggu (23/10).

logo_cimahiAtty mengatakan, sebagaimana dimaklumi, bahwa technopark digariskan dalam nawacita presiden Joko Widodo dan diuraikan berupa kegiatan fisik non fisik di 100 kota/kabupaten se-Indonesia, yang salah satunya adalah di Cimahi. ”Kami mampu menyikapi program ini. Insya Allah yang pertama dari 100 lokasi yang di percaya,” kata Atty.

Dia menambahkan, respon cepat dan semangat ini untuk mengaktualkan program strategis pusat. Ini tidak terlepas dari dukungan, bimbingan dan advokasi pemerintah pusat, seperti BPPPT, PUPR-Kemoninfo, Kementerian Perindustrian dan Badan Kreatif Nasional. ”Khusus dalam perencanaan dan pelaksanaan bangunan ini, kami berusaha membangun bangunan yang echo friendly, sehingga bangunan kami ini satu-satunya bangunan pemerintah lokal yang green building dengan roof garden-nya,” ujarnya

Atty menambahkan, dengan selesainya bangunan ini,  akan diisi dengan berbagai kegiatan sebagai turunan dari program pengembangan technopark. Tujuannya, untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Cimahi, termasuk pertumbuhan klaster ekonomi Cimahi. ”Dalam  pengembangan ekonomi lokal, mungkin perlu dilengkapi dengan  start up entrepreneur dan inkubatornya, dengan harapan akan muncul pengusaha-pengusaha yang mampu bersaing,” jelasnya.

Selain itu, di tempat ini juga diharapkan tersedia waktu dan ruang untuk pembelajaran teknologi bagi anak-anak peserta didik dan mahasiswa Kota Cimahi dan sekitarnya untuk menambah wawasan. ”Untuk disikapi, bahwa gedung technopark ada keterkaitan dengan gedung Baros IT Centre sebagai pusat animasi dan telematika. Dengan demikian, harus dipertimbangkan perencanaan kawasan yang harus dikembangkan dari kedua bangunan tersebut. Sehingga menjadi kawasan industri teknologi,” katanya.

Atty pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah dapat menyelesaikan bangunan ini. Terutama rekan-rekan dari SOPD teknis yang terkait. Sehingga bisa menggunakan bangunan ini dengan berbagai kegiatan yang berorientasi pada pengembangan teknologi untuk meningkatkan kreativitas dan keahlian. ”Kegiatan BIAF (Baros Internasional Animation Festival) yang tahun ini memasuki pelaksanaan yang ke-4 pada waktunya nanti, 17 November 2016, insya Allah akan dilaksanakan di tempat ini,” katanya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan