Pembuktian Lindswell, Triadi Fauzi Raih Emas Ke-7 di Renang

bandungekspres.co.id, BANDUNG – Perebutan medali di PON XIX/2016 terus berlangsung. Pada cabor Wushu, kontingen Sumatera Utara memperlihatkan dominasi mereka. Mereka mendulang dua medali dari nomor Taijijian-Taijiquan dan Nanquan-Nandao putri.

lindswell
PRESTASI INTERNASIONAL: Atlet wushu Sumatera Utara Lindswell memperagakan jurus dalam nomor Taijijian PON XIX Jabar.

Adalah Lindswell Kwok dan Juwita Niza Wasni, atlet Sumut yang menjadi andalan Indonesia di pentas Asia membuktikan sukses menambah raihan medali buat Sumut. Lindswell mengatakan kalau ajang PON ini juga menjadi pembuktian buat dirinya.

Sebagai peraih medali emas nomor taijijian dan taijiquan  SEA Games 2015 lalu, Lindswell mengaku sedikit terbebani menghadapi PON 2016. ”Karena kalau saya sampai kalah, persaingan di pelatnas juga akan semakin ketat,” ujarnya.

Saat tampil kemarin, gerakan yang dilakukan gadis Medan itu mengundang riuh tepuk tangan penonton. Gerakannya stabil dan pakem sehingga membuat wasit tidak ragu memberikan nilai 9,61 untuk taijijian dan 9,55 (taijiquan).

Perebutan medali cabor Wushu kemarin berlangsung di Gor Pajajaran, Bandung. Satu medali lainnya diperoleh Boby Valentinus (Jatim) di nomor Taijijian-Taijiquan putra. Bagi Boby prestasi itu akan membuka pintu gerbang menuju pelatnas.

Sebab, PON kali ini akan menjadi salah satu acuan buat PB Wushu Indonesia untuk menyiapkan tim menuju SEA Games 2017 dan Asian Games 2018. ”Ini penampilan pertama saya di PON, bersyukur sudah sesuai ekspektasi,” sebut Boby.

Terpisah, perburuan medi emas dari cabor renang berlangsung sengit. Terutama buat Triadi Fauzi Sidiq, perenang Jabar yang gagal tampil di Olimpiade Rio 2016 lalu. Kemarin dia meraih emas ke-7 pada PON kali ini.

Turun di nomor 100 meter gaya bebas putra, andalan Jabar itu mengungguli Glenn Victor (Jatim) dan Alexis Wijaya Omar. ”Saya sudah berjanji kepada keluarga untuk memberikan yang terbaik di PON ini, dan inilah wujudnya,” ujar pemuda asal Cimahi tersebut.

Sementara itu, Jatim yang gagal total di Riau 2012 lalu rupanya sudah bisa move on. Kontingen yang khas dengan warna hijau itu menambah perbendaharaan medali emas via Indra Gunawan (50 m gaya dada putra) dan Ressa Kania Dewi (100 meter gaya bebas putri).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan