Sekda Tinjau 2 Venue di Lembang

bandungekspres.co.id, LEMBANG – Ketua Harian Sub PB PON Kabupaten Bandung Barat Maman S. Sunjaya meninjau kesiapan venue panjat tebing dan sepeda gunung di Desa Cikole Kecamatan Lembang kemarin (14/9). Menurut Maman, berdasarkan pemantauannya, sudah 99 persen venue panjat tebing dan sepeda gunung siap untuk digunakan.

”Sebagai tuan rumah, Kabupaten Bandung Barat sudah siap menyambut PON. Seluruh venue dipastikan sudah siap digunakan seperti venue panjat tebing dan sepeda gunung ini,” kata Maman yang juga Sekretaris Daerah Kabupaten Bandung Barat.

Selain itu, kata Maman, untuk venue Ski Air di Waduk Saguling Kota Baru Parahyangan, pihaknya sudah melakukan antisipasi jika kondisi air terus menurun. Namun, dirinya optimistis kondisi air untuk venue Ski Air bisa digunakan oleh para atlet saat bertanding. ”Kalau memang air terus surut, alternatifnya kita bisa bergeser ke sebelah kiri dari dermaga agar kondisi air bisa stabil untuk digunakan,” paparnya.

Diakui Maman, sejauh ini pemerintah daerah sudah melakukan koordinasi dengan PT Indonesia Power (IP) untuk mengatur buka tutup pengeluaran air. ”Soal teknis buka tutup pengeluaran air sudah dikoordinasikan dengan PT IP. Harapan kami, alam juga bisa mendukung dengan turunnya hujan. Hal lainnya yang kita lakukan pembersihan eceng gondok di area venue Ski Air,” ungkapnya.

Secara umum, lanjut Maman, pemerintah daerah dengan jajaran muspida siap mendukung penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional  (PON) XIX Jawa Barat 2016 yang akan berlangsung mulai 17 September. Sementara, untuk kedatangan kirab api PON akan tiba di Kabupaten Bandung Barat pada Kamis 15 September.

”Rute kirab api PON ini akan tiba di Kota Baru Parahyangan dan langsung dibawa ke kantor pemkab di Kecamatan Ngamprah. Penyambutan kirab api PON akan kita lakukan dengan semi militer serta diiringi dengan pasukan kuda, komunitas motor trail dan jeep 4×4. Setelah itu, kirab api PON akan kita serahkan ke Kota Cimahi,” terangnya.

Maman menjelaskan, selama pelaksanaan PON berlangsung di Kabupaten Bandung Barat, pemerintah daerah berkomitmen untuk mensukseskan dari bidang ekonomi. Kedatangan atlet dari berbagai kota diharapkan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat. ”Kita sukseskan ekonomi masyarakat dengan penyelanggaraan PON ini,” tandasnya. (drx/fik)

Tinggalkan Balasan