Pemanfaatan TTG Tingkatkan Daya Saing KUMK M

BANDUNG – Pemanfaatan Teknologi Tepat Guna (TTG) oleh pelaku koperasi dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) masih sangat terbatas. Hal ini disebabkan harga yang cukup mahal sehingga KUMKM menggunakan teknologi ala kadarnya. Teknologi sangat membantu para pelaku koperasi dan UMKM dalam meningkatkan kualitas maupun kuantitas produknya.

”Untuk itu, para pelaku koperasi dan UMKM harus terus kita dorong untuk memanfaatkan teknologi dalam meningkatkan kualitas maupun kuantitas usahanya melalui bimbingan teknis,” papar Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Barat Dudi Sudrajat Abdurachim usai membuka Bimbingan Teknis TTG bagi KUMKM di Bandung belum lama ini.

Melalui kegiatan ini, diharapkan pelaku Koperasi dan UMKM dapat meningkatkan daya guna dan hasil guna dari sumber daya alam yang diolah, sehingga memiliki nilai tambah bagi KUMK dan meningkatnya daya saing dalam menghadapi pasar global. Dudi menjelaskan, pelaku KUMK juga didorong untuk memanfaatkan Teknologi Informasi (TI). Pada era saat ini, TI  memiliki peran penting dalam mendorong promosi dan daya saing produk Koperasi dan UMKM.

”Hampir semua sisi hidup manusia saat ini berkaitan erat dengan perangkat IT seperti handphone. Kita bisa eksis karena ada sosial media. Banyak pelaku Koperasu dan UMKM atau wirausaha-wirausaha yang memanfaatkan sosmed untuk memasarkan produknya,” katanya.

Perkembangan TI yang cepat tanpa diimbangi kemampuan SDM juga tidak akan maksimal. Untuk itu, pihaknya mendorong agar pelaku Koperasi dan UMKM terus berlatih dan menambah wawasan dalam rangka pemanfaatan TI dan TTG secara optimal dalam mendorong akses pasar koperasi dan UMKM.

Bimbingan Teknis TTG bagi KUMK telah dilaksanakan diberbagai kabupaten/kota di Jawa Barat. Salah satunya pada April 2016 dilaksanakan di Kabupaten Indramayu dan Kabupaten Bandung Barat. Kegiatan ini diikuti oleh lima koperasi dari Kabupaten Indramayu dan Kabupaten Bandung Barat, dengan masing-masing koperasi terdiri dari dua orang pengurus dan delapan orang anggota koperasi yang bergerak dalam bidang usaha makanan dan minuman olahan. Selain itu, pada Mei 2016 Bimtek TTG juga digelar di Kota Sukabumi.

Tinggalkan Balasan