Pemanfaatan TTG Tingkatkan Daya Saing KUMK M

Menurut manajemen Rumah Kemasan Anton Dwinanto, kemasan produk merupakan salah satu unsur penting yang mempengaruhi banyaknya permintaan konsumen dan banyaknya penjualan terhadap produk UMKM. Namun, banyak UMKM beranggapan kemasan tidaklah terlalu penting. Kualitas dan pemasaran jauh lebih penting.

Padahal perlu diketahui, bahwa ada beberapa hal yang sangat mempengaruhi penjualan produk dan semuanya itu saling berkaitan seperti kulitas produk, pelayanan, kemasan produk dan  strategi pemasaran. Semuanya itu saling mendukung antara yang satu dengan lainnya.

Jadi, belum bisa dipastikan bahwa produk yang memiliki kualitas baik akan mempunyai banyak permintaan, kecuali jika para konsumen memang benar-benar membutuhkannya. Kemasan produk inilah yang perlu dipikirkan sebagai salah satu bagian dari strategi pemasaran. Fungsi kemasan sebagai alat pelindung, penanda produk dan promosi terselubung dari sebuah produk serta brand image dari sebuah produk koperasi dan UMKM.

”Untuk itu, melalui bimtek ini kita dorong para pelaku koperasi UMKM untuk menggunakan kemasan yang menarik sehingga mampu meningkatkan penjualan produknya,” paparnya. (Him)

Tinggalkan Balasan