Rayakan HUT RI di Gunung Batu

bandungekspres.co.id, LEMBANG – Sepertinya masyarakat punya cara tersendiri untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia. Salah satunya, puluhan pemuda membentangkan bendera merah putih di Gunung Batu Lembang Kabupaten Bandung Barat, Minggu (14/8).

Gunung Batu adalah bagian dari Patahan Lembang dan jadi salah satu sesar yang menjadi obyek riset LIPI yang merupakan retakan sepanjang 22 kilometer, melintang dari kaki Gunung Manglayang di sebelah timur dan menghilang sebelum kawasan perbukitan kapur Padalarang di bagian barat.

Gunung yang memiliki ketinggian 1.228 mdpl ini menjadi lokasi yang dipilih karena lingkungannya perlu dijaga untuk menjaga kelestarian alamnya serta tepat diatasnya terdapat makam keramat.

Bendera merah putih berukuran 17 x 8 meter dibentangkan tepat pada pukul 9.00 WIB oleh pasukan Paskibra SMA/SMK di wilayah Lembang dibantu komunitas pemanjat tebing.

Meski hujan turun namun tidak menyurutkan peserta dari pecinta alam, pemanjat tebing, Muspika Lembang dan warga sekitar untuk mengikutinya, mereka khitmat mengikuti prosesi upacara hingga selesai.

Ketua Karang Taruna Kecamatan Lembang, Dede Wahyudin mengatakan,  pihaknya baru tahun ini membentangkan bendera di Gunung Baru Lembang, ”kegiatan ini baru pertama dilaksanakan, persiapannya hanya memakan waktu selama dua Minggu,” katanya.

Dalam kegiatan ini, terang Dede, Karang Taruna menggandeng kabuyutan Lembang, komunitas panjat tebing dan aparat kewilayahan setempat dengan harapan agar dalam pelaksanaannya berjalan lancar. ”Harapan kami ke depan, ekosistem alam Gunung Batu tetap terpelihara,” tuturnya.

Sebab, semakin lokasi Gunung Batu saat ini banyak dikunjungi masyarakat.  Dirinya ingin semuanya peduli dan tahu bahwa sesar ini adalah peninggalan sejarah yang sangat perlu dilestarikan.

Selain membentangkan bendera raksasa, puluhan pohon juga ditanam di sekitar Gunung Batu. Penanaman dilakukan di lereng dan bukit gunung untuk mencegah erosi tanah.

Cecep, 36, seorang pendaki gunung mengaku sangat antusias mengikuti upacara bendera ini karena dapat membangun kesadaran cinta tanah air dan memupuk jiwa patriotisme di kalangan pemuda.

”Sangat bagus, apalagi gunung batu ini terkenal karena keeksotikan alamnya,” ungkapnya.

Terlebih, disini juga sering digunakan oleh peneliti untuk mengetahui kondisi Sesar Lembang yang katanya memiliki potensi gempa yang cukup besar. (nit)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan