Gala Dana secara Swadaya Masyarakat

bandungekspres.co.id, PANGALENGAN – Dalam rangka menyambut dan memeriahkan Hari Kemerdekan ke-71 Republik Indonesia, banyak hal yang dilakukan masyarat di seluruh tanah air. Ada yang melakukan berbagai perlombaan, menampilkan kesenian dan olahraga serta acara lainnya. Namun, warga Kampung Cihideung RW 05 dan 12, Desa Tribakti, Kecamatan Pangalengan melakukannya berbeda. Seluruh warga melakukan perbaikan jalan lingkungan dengan swadaya.

TINGKATKAN KESEJAHTERAAN: Ketua Panitia pembangunan jalan melihat jalan hasil swadaya
TINGKATKAN KESEJAHTERAAN: Ketua Panitia pembangunan jalan melihat jalan hasil swadaya

Kegiatan itu dipelopori oleh ketua RW 05, Ketua Karang Taruna Desa Tribakti dan Ketua Karang Taruna RW 12. Mereka bersama-sama memperbaiki jalan sepanjang 400 meter. ”Alhamdulillah, dengan kebersamaan dan komunikasi yang baik, saya bersama ketua Karta Desa Tribakti dan Karta RW 12 memberikan motivasi kepada warga agar memperbaiki jalan secara swadaya. Hal ini dalam rangka menyambut HUT ke 71RI,” Jelas Dadang Rahman, ketua RW 05, Desa Tribakti, Kecamatan Pangalengan kepada Bandung Ekspres saat ditemui di rumah salah satu tokoh masyarakat kemarin (14/8).

Menurutnya, banyak hal yang dilakukan warga dalam rangka menyambut HUT RI tiap tahunnya. Perbaikan jalan dilakukan karena melihat kondisi jalan di lingkungan sekitar RW 05 dan 12 sudah rusak.

Dadang berharap, dengan diperbaikinya jalan lingkungan, bisa memberikan kontribusi yang baik kepada warganya. ”Karena infrastruktur jalan merupakan faktor terpenting dalam peningkatan perekonomian masyarakat. Dengan kondisi jalan yang baik, secara otomatis akan memperbaiki kesetaraan dan kesejahteraan warganya,” paparnya.

Dengan adanya perbaikan jalan lingkungan tersebut, lanjut Dadang, dirinya berharap, kepada pemerintah kabupaten ataupun provinsi melalui dinas terkait agar melakukan perbaikan dan pelebaran jalan lingkungan Cihideung. Karena akses jalan tersebut, merupakan pintu masuk warga RW 05 dan 12 Desa Tribakti.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Desa Tribakti Rahmat M. yang didampingi Ketua Karangtaruna RW 12 Endang Dedi mengakui, kegiatan perbaikan jalan lingkungan RW 05 dan 12 sepanjang 400 meter dilaksanakan secara swadaya. ”Alhamdulillah, berkat komunikasi yang terjalin antara ketua RW, ketua karang taruna dan tokoh masyarakat, kegiatan perbaikan jalan bisa lancar,” jelasnya.

Dia berharap, pembangunan secara swadaya ini akan dilakukan secara rutin oleh warga sekitar. Mengingat jalan lingkungan di sekitar masih banyak yang kondisinya belum maksimal. ”Semoga dengan kondisi jalan lingkungan dan akses jalan menuju kedua RW tersebut baik, bisa memicu kondisi perekonomian warga agar meningkat pula. Hal itu akan cepat tercapai apabila ada dorongan dan bantuan dari pemerintah melalui dinas terkait,” tegasnmya.

Tinggalkan Balasan