Tanamkan Budaya dan Nilai Kebangsaan

bandungekspres.co.id, CIMAHI – Memudarnya rasa kebangsaan di kalangan generasi muda meski segera diatasi. Sebab jika dibiarkan akan berpengaruh terhadap rasa nasionalisme cinta tanah air dan budaya bangsa.

Kepala Kesetuan Bangsa Kota Cimahi, Totong Solehudin mengatakan, salah satu cara yang dilakukan oleh Pemkot Cimahi dalam memelihara kecintaan terhadap budaya daerah dan budaya nasional salah satunya dengan menggelar Festival Vokal Grup kategori SMA/SMK/MA se- Bandung Raya (Kota Cimhi, Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat) di Gedung Historich, Jalan Jend Gatot Subroto No. 15, Kamis (11/8).

Kegiatan yang dilakukan menjelang peringatan HUT RI ke-71 ini diharapkan akan semakin menyadarkan generasi muda akan pentingnya memiliki rasa cinta tanah air. ”Pada tahun 2016, Cimahi Vocal Group Festival diselenggarakan untuk keempat kalinya. Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman terhadap wawasan kebangsaan dan rasa nasionalime generasi muda yang dipandang semakin hari semakin memudar,” tuturnya.

Metode yang dipilih untuk mencapai tujuan tersebut adalah melalui lomba vocal grup lagu daerah dan lagu nasional. ”Diharapkan melalui lagu nasional dan lagu daerah yang syarat akan makna kecintaan kepada tanah air ini bisa memupuk semangat generasi muda untuk terus berkarya demi bangsa ini,” lanjutnya.

Totong mengungkapkan pula, adanya peserta dari luar Kota Cimahi bertujuan untuk menambah semarak perlombaan ini. ”Tujuan diikutsertakannya peserta dari daerah lain adalah untuk menciptakan iklim kompetisi yang baik dan berkualitas, dan mendatangkan peserta yang kompetitif sehingga terwujud sebuah kompetisi bergengsi di Kota Cimahi,” katanya. (bun/asp)

Tinggalkan Balasan