Fungsi Ganda KTA dan ATM

bandungeksperes.co.id, BANDUNG – Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Jawa Barat (Kwarda Jabar)  melakukan terobosan baru. Salah satunya, berinovasi dalam merapikan pendataan anggotanya dengan pembuatan Kartu Tanda Anggota (KTA) yang juga berfungsi sebagai kartu ATM.

Wakil Ketua Bidang Kerjasama Pramuka Kwarda Jabar Syaiful Bachri mengatakan, pihaknya melakukan bekerjasama dengan Bank Jabar-Banten (BJB) dalam pembuatan KTA tersebut. Sedikitnya Kwarda Jabar memiliki anggota sebanyak 5,2 juta orang, semuanya merupakan anggota aktif.

”Harapannya KTA yang mereka pegang memiliki banyak fungsi, program ini kami sebut co-branding Pramuka dan BJB,” kata Syaiful di kantor Kwarda Jabar, kemarin (28/7).

Syaiful mengungkapkan, Pramuka Kwarda Jabar memiliki target dalam co-branding tersebut. Pertama, pendataan secara rinci terhadap seluruh anggota Pramuka di tingkat kabupaten dan kota.

Menurutnya, seluruh data anggota betul-betul dicatat dengan rapi mulai dari data pribadi sampai data keluarga mereka. Dengan begitu, Kwarda Jabar dapat mengeluarkan kebijakan yang tepat berdasarkan data yang mereka pegang.

”Data ini akan menjadi tolok ukur kami dalam menentukan langkah-langkah strategis Kwarda Jabar,” paparnya.

Syaiful menambahkan, untuk target kedua pihaknya akan memperkenalkan program giat menabung bagi seluruh anggota Pramuka Kwarda Jabar.

Bukan sekadar jumlah nominal yang menjadi tujuan, namun lewat menabung juga mereka akan mendapatkan tanda kecakapan khusus (TKK).

Di samping itu, anggota Pramuka juga diberikan beragam pilihan tabungan. Di antaranya, BJB Simple, BJB Tabunganku, atau BJB Tanda Mata.

”Kwarda Jabar akan mendapatkan keuntungan lainnya melalui program kerjasama dengan BJB ini. Seperti dalam pendataan anggota Pramuka karena data tersebut tercatat langsung di BJB,” jelas Syaiful.

Lebih lanjut Syaiful menegaskan, Pramuka Kwarda Jabar akan menghemat anggaran pendataan seluruh anggotanya, karena seluruh input dilakukan langsung oleh pihak bank.

”Dengan adanya program tersebut kami tidak perlu mengeluarkan dana ratusan juta rupiah untuk membangun server, semuanya sudah ada di BJB. Dari tabungan tersebut juga, kami akan mendapatkan dana pembinaan untuk kwartir,” ungkapnya. (dn/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan