KPU Bangun Kapasitas PPK dan PPS

bandungekspres.co.id, CIMAHI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cimahi ingin membangun kapasitas dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS), sehingga mampu melaksanakan tugasnya sesuai dengan harapan masyarakat.

Menurut Ketua KPU Kota Cimahi, Handi Dananjaya, agar nmemiliki pemahaman yang baik tentang penyelenggaran Pemilu, KPU melakukan workshop kepada anggota PPK dan PPS yang baru saja dilantik dalam minggu ini. ”Kami ingin membangun kapasitas penyelenggara, PPS dan PPK,” katanya saat ditemui disela-sela workshop  di Hotel Endah Parahyangan, Jalan Amir Machmud,  Cibeureum, Rabu (27/7)

Meskipun pada saat dilantik para petugas PPK dan PPS ini sudah diberikan pemahaman secara mendasar, namun untuk memberikan pemahaman yang lebih dalam digelarlah workshop ini. ”Idealnya kita melakukan orientasi atau pembekalan kepada para anggota PPK dan PPS di Cimahi,” katanya.

Saat ini, KPU Kota Cimahi secara resmi sudah melantik 15 anggota PPK dan 45 anggota PPS. Dikatakan Handi, sosialisasi semacam pembekalan pemahaman seperti ini sangat penting. Apalagi, kebanyakan para petugas PPK dan PPS di Kota Cimahi merupakan orang baru. ”90 persen dari para anggota PPK dan PPS di Kota Cimahi merupakan wajah baru, makanya kami harus mempersiapkan mereka agar mampu menjalankan tugasnya dengan baik sebagai penyelenggara Pemilu,” katanya.

Disisi lain, ada kekhawatiran juga dari KPU Kota Cimahi. Pasalnya, dengan dominasi muka baru ini, tentu pemahaman mengenai tugas PPK dan PPS pun belum maksimal mereka terima. Untuk memaksimalkan pemahaman para anggota PPK dan PPS, KPU akan diberikan sejumlah materi yang terkait dengan penyelenggaraan Pemilu. (bun/asp)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan