Misi Mengisi Pundi Klub

bandungekspres.co.id, OHIO – Real Madrid tidak akan tergeser dari status sebagai klub dengan pemasukan terbesar di dunia. Setidaknya sampai tahun depan. Tanda-tanda bertahannya hegemoni Los Blancos – julukan Real – itu sudah terbaca sejak mengawali perjalanan musim 2016-2017-nya di turnamen pramusim International Champions Cup (ICC) 2016.

Sebab, guyuran dana besar bakal mengalir ke pundi-pundi keuangan juara Liga Champions itu hanya dalam kurun waktu sepekan ke depan. Ya, Real sudah mengisi kasnya untuk musim 2016-2017 sebesar 15 juta pounds  (Rp 259,1 miliar). Itu didapat dari match fee yang diberikan pihak penyelenggara ICC.

Pemasukan tersebut bakal semakin menggelembungkan pundi-pundi keuangan Real. Berdasar dari laporan Deloitte’s Football Money League per Januari lalu, Real mampu mencatatkan pemasukan sebesar 483,9 juta pounds  (Rp 9,96 triliun). ’’Besarnya value itu harus mampu kami pertahankan di tiap-tiap musimnya,” ucap Presiden Real, Florentino Perez sebagaimana dilansir dari Marca.

Untuk sementara ini, pemasukan Real masih tetap mengungguli rival beratnya di La Liga dan Eropa, Barcelona. Dalam momen yang sama, Barca yang musim 2015-2016 lalu menjadi juara di La Liga itu mengeruk pemasukan sebesar 470,4 juta pounds (Rp 8,12 triliun). Real untuk sementara masih leading 13,5 juta pounds (Rp 233,2 miliar).

Real bahkan terpisah lumayan jauh dari Manchester United yang berada di bawah Barcelona. United mengeruk pemasukan 435,7 juta pounds (Rp 7,52 triliun). Antara Real dan United terpaut gap di angka 48,2 juta pounds  (Rp 832,8 miliar)! ’’Ini menjadi bukti bahwa kami bukan hanya sekedar institusi olahraga,” klaim Perez.

Pemasukan sebesar itu bakal bertambah tergantung dari tingkat kepadatan tribun stadion ketika Sergio Ramos dkk bertanding. Melihat dari bobot klub-klub yang bakal menjadi penguji kekuatan tim besutan Zinedine Zidane ini, peluang keterisian setiap stadion penyelenggaranya diprediksi bisa lebih besar dibandingkan laga-laga lainnya.

Untuk laga besok pagi WIB misalnya. Real bakal mengawali perjalanannya di ICC pada tahun ini dengan menghadapi sesama klub kaya raya Eropa, Paris Saint-Germain. Laga tersebut bakal dimainkan di Ohio Stadium, Ohio. Stadion tersebut mampu menampung pendukung Real ataupun Les Parisien – julukan PSG – dengan kapasitas 104 ribu tempat duduknya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan