Terminal di Soreang Belum Maju, Perlu Banyak Lakukan Terobosan

bandungekspres.co.id, SOREANG – Direktorat Jenderal (Ditjen) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengimbau Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung lakukan terobosan untuk pengelolaan terminal.

Dalam penilaian Penghargaan Wahana Tata Nugraha tahun 2016, Tim penilai dari Kemenhub Jabonor AMTRD M M TR mengatakan, pihaknya telah melakukan penilaian terhadap empat. Di antaranya sarana angkutan umum, prasarana, lalu lintas dan pelayanan kepada masyarakat.

”Namun untuk Kabupaten Bandung, perhatian kami tertuju pada aspek sarana prasarana  di terminal Soreang yang belum maksimal,” kata Jabonor di Bale Winaya Soreang, belum lama ini.

Menyikapi hal itu, Jabonor berharap, Pemkab Bandung bisa melakukan terobosan yang baik untuk pengelolaan terminal Kota Soreang. ”Apalagi Kota Soreang ini merupakan ibu kota Kabupaten Bandung, maka harus tertata baik dan rapi,” tuturnya.

Dia mengatakan, sistem pengelolaan terminal itu sendiri sebenarnya bisa dengan melibatkan pihak swasta atau dikelola sendiri. Khususnya untuk pelayanan kepada masyarakat,” tuturnya lagi.

Jabonor mengatakan, pengelolaan yang baik dan benar di terminal juga bisa merangsang kemampuan daerah dan peran serta masyarakat sekitar. Khususnya dalam  mewujudkan budaya keamanan dan keselamatan berkendara. Dengan alas an itu, perlu adanya peningkatan kinerja penyelenggaraan operasional sistem transportasi perkotaan. ”Salah satunya tersedianya prasarana terminal yang memadai,” urainya.

”Dengan terminal yang memadai bisa tercipta sistem lalu lintas dan angkutan kota yang tertib, lancar, selamat, aman, efisien, berkelanjutan dan menjamin ekuitas hak pengguna,” tambahnya pula.

Dalam penilaian tersebut, kata dia, terungkap program unggulan yang mendapat nilai baik. Di antaranya program  pada aspek lalu lintas (kawasan Tertib Lalu Lintas), lingkungan (Car free day),  sumber daya manusia (Pelajar Pelopor), pelayanan masyarakat (Pelayanan uji kendaraan bermotor keliling). ”Serta aspek angkutan (pembinaan kawasan angkutan tertentu), dan program unggulan pada aspek prasarana (CCTV room),” jelas Jabonor.

Sementara itu, Asisten Pemerintah Kabupaten Bandung Yudhi Haryanto mengungkapkan, saat ini sektor perhubungan sudah berjalan baik. Hal ini bisa terlihat dari terbangunnya sinergitas beberapa OPD (Organisasi Perangkat Daerah) pengelola sektor tersebut. Seperti Polres Bandung, Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja dan Dinas Binamarga.

Tinggalkan Balasan