Dari Romansa Juara hingga Karir yang Meredup

Setiap kali bursa transfer musim panas dibuka, selalu saja ada fenomena pemain yang dijual kembali ke salah satu klub lamanya. Atau, istilah yang paling ngetrend-nya adalah transfer balik kucing. Saat bursa transfer musim panas ini, siapa saja pemain yang balik kucing?

’’PENGALAMAN di (Borussia) Dortmund adalah segalanya, tetapi saya ingin mendapatkan yang lebih bersama klub ini (Bayern Muenchen),’’ ucap bek Mats Hummels begitu mengumumkan keputusan terbesarnya untuk meninggalkan Borussia Dortmund yang sudah membesarkan namanya demi kembali ke Bayern, klub masa kecilnya.

Hummels mengungkapkannya dalam sebuah wawancara dengan Sport Bild. Bek yang bernama lengkap Mats Julian Hummels itu pulang kembali ke Bavaria setelah tujuh musim merasakan indahnya masa-masa di Ruhr bersama Dortmund. Masa-masa di mana namanya tidak lagi hanya jadi penonton di bench seperti saat dua musimnya di Die Roten – julukan Bayern.

Masa-masa ketika nama Hummels selalu dielu-elukan bak pahlawan oleh ribuan fans Dortmund  yang selalu memadati tribun Signal Iduna – homeground Dortmund. Masa-masa di mana pemain pupuk bawang itu menjelma menjadi seorang pemimpin dalam permainan sebuah klub papan atas Bundesliga. Kepergiannya ke rival beratnya ini terjadi semusim setelah lengannya dibebat ban kapten.

Fans Dortmund tentunya ingat sehebat apa bek setinggi 191 sentimeter itu ketika diboyong oleh Juergen Klopp – pelatih Dortmund saat itu. Hanya sekali Hummels mendapatkan jatah main di Bayern, apa yang bisa diharapkan dari Hummels kala itu. Hanya saja, lapangnya kesempatan bermain begitu dia menjadi bagian Dortmund membuat namanya melesat tajam.

Per musim, rata-rata Hummels bermain lebih dari 37 pertandingan. Hasilnya, Dortmund dibawa menjuarai Bundesliga dua kali pada musim 2010-2011 dan 2011-2012 plus trofi DFB Pokal 2011-2012.  Satu-satunya yang belum dia gapai adalah juara Liga Champions. Musim 2012-2013, Dortmund hanya mampu finish sebagai runner up Liga Champions setelah kalah 1-2 atas klub lamanya, Bayern.

Ini bukan soal kilau uang besar dari kepindahannya. Konon, Bayern harus merogoh koceknya di kisaran 38 juta euro (Rp 548,2 miliar) demi mendapatkan kembali pemain yang tujuh tahun lalu pernah disia-siakannya. Hummels menegaskan keinginannya kembali menantang sejarah kelam masa mudanya  itu karena ingin menebus mimpi di Liga Champions.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan