Dari Romansa Juara hingga Karir yang Meredup

Tidak peduli apabila pada musim-musim berikutnya berbalik menjadi musuh nomor satu dari pendukung Dortmund. ’’Usai gagal mengangkat trofi juara Euro 2016, saya rasa hanya Liga Champions goal yang terbesar yang ingin saya gapai berikutnya. Saya bakal lakukan segalanya demi sesuatu yang selama ini saya impi-impikan terjadi dalam karir saya,’’ koar pemain yang bisa bermain sebagai bek kanan itu.

Hummels bukan satu-satunya pemain yang kembali ke klub lamanya setelah merangkai sukses di klub-klub sebelumnya. Carlos Tevez misalnya. Dua musim lalu Carlitos – julukan Tevez – kembali ke klub masa mudanya, Boca Juniors. Bedanya, talenta Tevez sewaktu masih di Boca tidak sampai disia-siakan seperti Hummels.

Sebelum kembali ke Boca, Tevez pernah bermain di klub tersebut pada rentang waktu antara 2001 hingga 2004. Dalam tiga musim, Tevez mampu bermain 75 kali dan mencetak 26 gol. Atau, per satu musimnya dia bermain 25 kali dan mencetak 8,66 gol. Trofi Primeira Division 2003 Apertura dan Copa Libertadores di tahun yang sama jadi kenangan manisnya.

Tevez hanya satu dari contoh pemain yang pernah sukses dan ingin kembali merangkai sukses di klub lamanya. Lebih banyak pemain yang kembali ke klub lamanya setelah sulit berkembang begitu bermain di klub lain. Didier Drogba misalnya. Selepas kepergiannya dari Chelsea musim panas 2012 ke klub Tiongkok Shanghai Shenhua, bukannya makin menjulang karirnya.

Sebaliknya, karirnya makin meredup. Setelah dari Shenhua, bomber Pantai Gading itu ganti ke Galatasaray. Meski mendapatkan satu trofi Super Lig musim 2012-2013, tetap saja Drogba merindukan masa-masa indahnya di Chelsea bersama Jose Mourinho. Reuninya berbuah trofi Premier League dan Piala Liga musim 2014-2015.

Kembali dengan trofi. Itulah yang diharapkan Hummels. Apalagi, dengan kembali ke Bayern ini dia bisa kembali berkolaborasi dengan pasangan mainnya di Die Mannschaft – julukan timnas Jerman, Jerome Boateng. ’’Secara teoritis, dengan defense yang tangguh impian itu akan terealisasi. Jangan lupa di tim ini juga punya Manuel Neuer,” klaim Hummels menegaskan musim barunya di Bayern tidak akan gagal mendulang trofi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan