Pemkot Dan Pemkab Bandung Lakukan Kerjasama Lintas Daerah

bandungekspres.co.id. DAYEUHKOLOT – Untuk mempercepat pembangunan khususnya dalam penataan lintas daerah, Pemkab Bandung dan Pemkot Bandung melakukan penandatanganan kesepakatan bersama atau Memorandum of Understanding (MoU). Penandatanganan kerjasama tersebut dilakukan Bupati Bandung H. Dadang Mochamad Naser SH SIp MIp dan Wali Kota Bandung Mochamad Ridwan Kamil ST MUD di Kampus Telkom University Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung belum lama ini.

Kerjasama pembangunan lintas daerah diantara kedua pemerintah tersebut perlu dilakukan, mengingat banyaknya persoalan yang saling bersinggungan khususnya dalam mewujudkan penyediaan pelayanan publik. Mulai dari persoalan sampah, banjir, kesehatan, pendidikan, infrastruktur transportasi serta pariwisata.

”Lebih jauhnya lagi, kerjasama ini untuk memantapkan hubungan dan keterikatan daerah dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia atau NKRI, disamping menyerasikan pembangunan daerah, dan mensinergikan potensi antar daerah juga meningkatkan pertukaran pengetahuan, teknologi dan kapasitas fiskal masing-masing,” kata Dadang.

Dalam naskah tersebut, disebutkan ruang lingkup kerjasama meliputi pengembangan infrastruktur perkotaan yang mencakup kebinamargaan, cipta karya, sumber daya air, penanggulangan sampah dan banjir, pertamanan, pemakaman, pertanian, ketahanan pangan, perumahan, sanitasi, perhubungan, pengembangan ekonomi kreatif, pendidikan, kesehatan, kebudayaan & pariwisata dan promosi investasi dan perdagangan.

”Dengan ditandatanganinya kerjasama ini, antara kedua pemerintahan sekarang memiliki landasan yang sangat kuat untuk mensinergikan berbagai kepentingan, dengan demikian tidak ada istilah ego daerah atau ego sektoral, sekarang mari kita melakukan sabilulungan membangun daerah demi peningkatan kesejahteraan masyarakat,” tegas Dadang.

Secara historis, Kabupaten Bandung yang berdiri 20 April 1641 dalam perkembangan pemerintahannya, melahirkan Kota Bandung, Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat. Kota Bandung lahir pada masa penjajahan Belanda bercokol di Indonesia. Sementara Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat pada masa reformasi.

Sementara Ridwan Kamil yang biasa dipanggil Emil, menegaskan kerjasama ini akan lebih memudahkan dalam percepatan koordinasi antara Kota Bandung dan Kabupaten Bandung.

Dalam kesempatan itu, Emil mengajak kepada Pemkab Bandung untuk bersama memanfaatkan fasilitas lahan yang berada diseputar Lapangan Husen Sastranegara untuk jualan bersama khususnya produk UMKM. Ia berharap, dengan adanya kerjasama tersebut promosi produk yang dihasilkan kedua daerah itu semakin menguat. (rls/fik)

Tinggalkan Balasan