Berinovasi, Berkesinambungan, dan Akuntabel Membangun Kota

Masalah kepadatan arus transportasi dan masalah-masalah lainnya yang terkait dengan sektor sanitasi perkotaan yang mencakup tiga sub-sektor, yaitu persampahan, air limbah domestik, dan drainase. Namun demikian segala keterbatasan ini tidak menyurutkan upaya pemerintah dalam membangun kota. Penaganan sanitasi diperkuat diantaranya melalui Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) dengan penambahan armada, yaitu 12 unit arm roll, 8 unit dump truck, 1 unit pick up sampah, 69 unit motor roda 3 sampah, 180 unit gerobak sampah yang didistribusikan ke setiap wilayah, 2 unit tangki limbah.

Selain itu keberadaan Bank Sampah Induk Cimahi (Bank Samici) dengan Sistem Informasi dan Manajemen bank Sampah nya serta Kerjasama dengan Bank Bukopin dalam Pembuatan Kartu ATM Bank Sampah yang memungkinkan para nasabahnya mengambil uang langsung  melalui ATM juga tentunya patut dibanggakan karena merupakan sebuah inovasi yang dilakukan Pemkot Cimahi dalam hal pengelolaan dan pengendalian sampah.

Untuk drainase dilakukan normalisasi berupa pengerukan dan pembersihan seluruh saluran serta peningkatan kapasitas drainase dengan memasang saluran beton (udith) agar ada pelebaran sehingga mampu menampung debit air yang lebih banyak.

Sementara itu dalam program infrastruktur lainnya Pemerintah Kota Cimahi melaksanakan bantuan Rutilahu. ada ratusan rumah lagi ditahun ini yang mendapatkan. Bahkan di beberapa lokasi, bantuan stimulus ini justru menggerakan hati masyarakat setempat untuk bergotong royong. Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Cimahi, Achmad Nuryana mengungkapkan, program bedah rumah alias Rutilahu ini tidak terwujud tanpa ada komitmen pemerintah.

’’Alhamdulillah, dengan semangat bersama dan kekompakan seluruh Dinas PU dengan arahan Walikota, program ini berjalan lancar. Rasa cape kami terbayar dengan senyum bahagia warga yang menerima bantuan,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, program Rutilahu adalah satu dari sekian banyak program prioritas Pemkot Cimahi dalam hal infrastruktur dan pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat. Semua program ini istiqomah dikerjakan oleh Pemkot Cimahi. ’’Melalui Dinas PU saja, ada sejumlah program lain ditahun 2016 ini,” ungkapnya.

Berbagai upaya yang dilakukan Pemerintah Kota Cimahi bukan semata untuk meraih penghargaan atau dipandang berhasil oleh pihak lain, namun semata-mata merupakan ikhtiar yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembangunan yang berujung pada peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat Cimahi dengan kebersamaan semua pihak yang ada di Kota Cimahi melalui semangat Saluyu Ngawawun Jati Mandiri.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan