Berinovasi, Berkesinambungan, dan Akuntabel Membangun Kota

Atty menyebutkan, Opini WTP tersebut diberikan atas Laporan Hasil Pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2015 yang diserahkan langsung BPK Perwakilan Jabar ke kepala-kepala daerah penerima penghargaan di Bandung, Senin (6/6). Keberhasilan ini diraih dengan kerja keras dari semua pihak eksekutif dan legistatif dan bimbingan dari BPK. ’’Alhamdulillah, berkat dukungan semua pihak, Kota Cimahi berhasil menyajikan laporan keuangan sesuai dengan standar dan prosedur yang berlaku,” ungkap Atty.

Pemerintah Kota Cimahi senantiasa berupaya mendorong seluruh aparatur untuk selalu melakukan inovasi demi memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Masalah-masalah yang terjadi di Kota Cimahi sangat kompleks sehingga tidak hanya cukup diselesaikan dengan cara business as usual tetapi harus melalui berbagai pendekatan yang inovatif. Sehingga semangat berinovasi ini selalu tertanam dalam setiap langkah pembangunan di Kota Cimahi, bahkan salah satu acuan dalam mengembangkan inovasi dengan adanya Sistem Inovasi Daerah  atas advokasi BPPT.

Dijelaskan Atty, salah satu hasil dari inovasi yang dilakukan Pemerintah Kota Cimahi membuat Aplikasi E-Reporting sebagai penyokong dalam mengelola perencanaan, realisasi dan pelaporan kegiatan yang berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. E-reporting ini terintegrasi dengan SIPKD, Simpeg, LKPP, dan terkoneksi dengan dashboard executive sehingga Walikota, Wakil Walikota, Sekda dan Kepala SKPD mendapatkan gambaran terhadap kondisi kekinian di lingkungan pemerintah kota.

Selain daripada itu E-Reporting akan terus  dikembangkan supaya dapat  sejalan dengan sistem informasi lain seperti E-LPPD, SIMRENDA dan  softaware perencanaan/pelaporan lainnya. Di samping itu juga fasilitas Geographic Information System (GIS) yang dimiliki system ini untuk kedepannya setiap realisasi pekerjaan fisik dapat dipantau melalui fasilitas notifikasi sms gateway yang terkoneksi dengan kepala SKPD dan kepala bidang lainnya. Tersedia juga data centre dan network operating center (NOC) seluruh OPD terhubung internet berbasis fiber optic.

Saat ini Pemerintah Kota Cimahi juga memiliki ruangan operasional berbasis teknologi yang dinamai Monitoring Room Smart City Cimahi. Fasilitas ini berfungsi untuk memantau kondisi pelayanan di beberapa kantor dan juga  lalu lintas atau penyelenggaraan koordinasi di struktur organisasi Pemerintah Kota Cimahi. Terkait dengan pantauan lalu lintas, ruangan tersebut terintegrasi dengan kamera CCTV di 19 titik yang terintegrasi juga dengan Dinas Perhubungan (Dishub) dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Cimahi. Tempat ini menjadi pusat kendali jajaran Pemkot Cimahi khususnya Walikota dalam rangka pengambilan keputusan dan tindakan yang strategis untuk kepentingan masyarakat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan