Berinovasi, Berkesinambungan, dan Akuntabel Membangun Kota

Atas inovasi-inovasi yang telah dilakukan, kata Atty, Pemerintah Kota Cimahi mendapatkan apresiasi dari Kementerian PAN-RB berupa Penghargaan SINOVIK (Sistem Inovasi Pelayanan Publik). Penghargaan SINOVIK langsung diberikan oleh Yuddy Chrisnandi selaku Menteri PAN dan RB kepada Wali Kota Cimahi Atty Suharti pada tanggal 1 April 2016. Kota Cimahi termasuk dalam Top 99 yang sesuai dengan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) No. 51/2016, Kementerian PANRB menetapkan Top 99 inovasi pelayanan publik, dari 2.476 inovasi peserta kompetisi inovasi pelayanan publik 2016.

Di tahun ini juga pembangunan Technopark yang bekerja sama dengan BPPPT dimulai. Perlu kita ketahui bersama, sasaran utama dari pengembangan Technopark di Kota Cimahi adalah untuk meningkatkan daya saing dan perekonomian lokal daerah melalui pemanfaatan ilmu pengetahuan, hasil riset dan teknologi guna meningkatkan produktivitas dan nilai tambah UMKM/IKM  di Kota Cimahi. Technopark Kota Cimahi direncanakan akan memiliki beberapa elemen kunci yang merupakan aktivitas utama yang akan dilaksanakan di dalam kawasan Cimahi Technopark, diantaranya sebagai berikut :

  1. Sebagai pusat inkubator bisnis dan teknologi untuk melahirkan wirausaha-wirausaha baru di Kota Cimahi;
  2. Sebagai pusat advokasi dan pengembangan bisnis bagi UMKM dan IKM di Kota Cimahi;
  3. Sebagai pusat pelatihan dan pengembangan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) para pelaku ekonomi lokal di Kota Cimahi.

Seluruh elemen kunci dan aktivitas di atas dilaksanakan dengan pola kolaborasi Quadruple Helix (yaitu pola kolaborasi antara unsur : Akademisi-Bisnis-Pemerintah-Komunitas) yang komprehensif dan berkelanjutan, yang dilaksanakan di dalam suatu kawasan terpadu yang didukung dengan sarana prasarana yang memadai.

Pemerintah Kota Cimahi juga dinilai baik atas Kinerja Penyelenggaraan Daerah oleh Kementerian Dalam Negeri sehingga pada 25 April 2016 dalam acara Peringatan Hari Otonomi Daerah 2016, bertempat di Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah istimewa Yogyakarta, mendapatkan penghargaan dan plakat sebagai apresiasi atas prestasi kinerja dengan predikat sangat tinggi dalam penyelenggaraan pemerintah daerah. Penghargaan ini diberikan kepada daerah yang masuk nominator penghargaan hasil Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah terhadap laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah, juga berbagai aspek penilaian yang distandarkan Kemendagri, termasuk pelayanan publik yang transparan, cepat, dan juga inovasi yang dihasilkan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan