Italia Sukses Bikin Belgia Frustrasi di Euro 2016

bandungekspres.co.id – Italia sukses meraih tiga poin perdana di Euro 2016 setelah mengalahkan 2-0 Belgia dalam partai pembuka Grup E di Parc Olympique Lyonnais, Lyon (14/6) dini hari WIB. Pertahanan yang kokoh dari Italia membuat lini depan Belgia frustrasi.

Memulai pertandingan, sejatinya Belgia menguasai permainan. Serangan beruntun dari Belgia, tak membuat Italia panik. Gli Azzuri tetap tampil pertahanan yang rapih dan berani menyerang dengan mengandalkan kolektivitas.

Berkali-kali Belgia mendapat peluang lewat Eden Hazard, Nainggolan atau Lukaku. Seperti di menit 10. Peluang Nainggolan masih terlalu mudah diamankan Buffon.

Seperempat jam pertama, laga lebih banyak berkutat di lini tengah sampai pada sepakan Nainggolan yang masih melebar. Menit ke-32, gawang Belgia akhirnya bobol.

Berawal dari umpan panjang Leonardo Bonucci dari lapangan tengah, Emanuele Giaccherini dengan kecepatannya mampu memperdaya Thibaut Courtois. 1-0 Italia unggul.

Bahkan, empat menit kemudian Italia nyaris memperbesar keunggulan. Pemain-pemain Belgia kurang tenang dalam mengantisipasi sepak pojok Antonio Candreva. Bola kemudian disundul Graziano Pelle yang berdiri tanpa pengawalan. Namun, bola masih menyamping di gawang Belgia.

Skor 1-0 akhirnya bertahan hingga turun minum. Memasukki babak kedua, Belgia yang bernafsu mengejar ketertinggalan kembali tancap gas.

Beberapa peluang manis diciptakan Eden Hazard dan rekan-rekan. Pada menit ke-54. Romelu Lukaku nyaris menyamakan kedudukan. Namun sayang, striker Everton itu membuang peluang emas lantaran sepakannya masih membentur mistar gawang Gianluigi Buffon.

Pertahanan yang rapat dari Italia membuat lini depan Belgia frustrasi. Beberapa peluang mereka hanya mentah di kaki lini belakang Italia yang dikawal trio Andrea Barzagli, Giorgio Chiellini, dan Leonardo Bonucci.

Memasuki 10 menit terakhir, Belgia kembali mendapatkan kesempatan melalui Divock Origi. Namun, tandukan Origi pada menit ke-82 masih melambung di atas mistar gawang.

Asyik menyerang, Belgia malah hampir kembali kebobolan lewat serangan balik Italia. Pada menit ke-85, Ciro Immobile nyaris menjebol gawang Belgia, andai Thibaut Courtois tak tampil gemilang.

Dirasa laga bakal berakhir 1-0, Italia kembali membuat kejutan. Ialah Graziano Pelle yang sukses memanfaatkan umpan manis Antonio Candreva. Gol itu sekaligus mengakhiri pertandingan. (ies/JPG)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan