oleh

PNS Kota Bandung Belum Ideal

bandungekspres.co.id – Meski jumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kota Bandung saat ini mencapai 21.306 orang (sesuai tingkatan pendidikan), namun angka tersebut belum mencapai jumlah ideal sesuai kebutuhan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Penilaian tersebut mengacu pada komposisi PNS baik menduduki jabatan struktural maupun fungsional.

Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Pememerintah Kota Bandung Evi Shaleha mengatakan, PNS Kota Bandung sebenarnya masih kurang. Hal itu tercermin dari jumlah pegawai yang di SKPD yang berjumlah tidak lebih dari 8.000 orang. Selebihnya, tersebar dan bekerja sebagai guru serta tenaga kesehatan. ”Ada 13 ribu PNS kota Bandung bekerja sebagai tenaga fungsional,” tegas Evi, kemarin (14/3).

Baca Juga:  Demo Hari Buruh, Inilah 5 Tuntutan Buruh se-Jabar Kepada Pemerintah

Dia menjelaskan, kajian Kementerian PAN Reformasi Birokrasi yang berencana lakukan rasionalisasi PNS perlu disikapi. Perlu juga dilihat sisi aturannya, jangan sampai saat implementasi malah tidak sesuai. ”Sejauh ini belum ada Permen (Peraturan Menteri, Red) atau edaran terkait rasionalisasi dari pemerintah pusat,” tukas Evi.

Menyoal PNS Kota Bandung yang ajukan pensiun dini, urai Evi, dalam referensi mantan kepala Bagian Kepegawaian Daerah Kota Bandung ini, jumlahnya cukup tinggi. Terutama PNS dari unsur guru.”Setiap tahunnya tidak kurang dari 600 PNS,” ujar Evi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga