oleh

Dokumen Siap Diserahkan Dalam Konferensi Kepala Negara

bandungekspres.co.id – Rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi Luar Biasa Organisasi Konferensi Islam (KTT-LB OKI) di Jakarta akhirnya dimulai kemarin (6/3). Pada kesempatan itu, 500 delegasi setingkat dirjen dan menteri dari berbagai negara pun mulai menggodok draf tentang deklarasi dan resolusi untuk palestina. Sebab, dua dokumen tersebut bakal didiskusikan diputuskan oleh kepala negara hari ini (7/3).

Dimulai dengan pertemuan senior official meeting (SOM) yang dimulai pada pagi hari, draf yang telah disusun sebelumnya terus didiskusikan secara detil oleh para pejabat tinggi dari 49 negara. Dalam pembahasan tersebut, Direktur Jenderal Multilateral Kementerian Luar Negeri RI Hasan Klein memimpin pertemuan tersebut bersama pihak Sekretariat Jenderal OKI.

Pada saat pertemuan SOM, Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi pun memanfaatkan waktu dengan melakukan pertemuan bilateral secara marathon. Negara yang diajak berdiskusi antara lain Gambia, Afganistan, Tajikistan, Mesir, Sierra Leone,dan Mauritania.

Selain membahas isu Palestina, Retno pun mengangkat banyak isu kepada sesame koleganya. Misalnya meminta dukungan terkait rencana pencalonan diri Indonesia dewan keamanan PBB kepada Menlu Sierra Leone Samura Kamara. Atau membahas diplomasi ekonomi danbantuan peningkatan kapasitas kepada Menlu Gambia Neneh Macdouall Gaye,

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga