Dokumen Siap Diserahkan Dalam Konferensi Kepala Negara

Saat gala dinner, Jokowi secara resmi menyambut kehadiran para delegasi. ’’Selamat datang di Indonesia, negara dengan penduduk 252 juta, sekaligus negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar,’’ ujarnya. Berbeda dengan biasanya, pidato berdurasi dua setengah menit itu Jokowi menggunakan bahasa Inggris. Tidak lupa, Jokowi juga memperkenalkan Indonesia sebagai negara yang sangat plural, menjunjung demokrasi, dan dengan kondisi politik yang stabil.

Di sisi lain, Menlu Retno Marsudi menyampaikan bahwa pertemuan para pejabat senior maupun menteri kemarin membahas draf dua dokumen yang akan dihasilkan pada puncak KTT hari ini. Pertama adalah resolusi yang berisi prinsip-prinsip dasar dan sikap politik. Kedua, deklarasi Jakarta yang bersi hal-hal yang bersifat konkret.

’’Kedua dokumen tersbeut merupakan hasil dari KTT, sehingga pada tahapan ini saya belum dapat menyampaikan isi detail dari kedua draf tersebut,’’ terangnya. Yang jelas, selama negosiasi, tampak solidaritas dan komitmen negara-negara anggota OKI untuk meneruskan dan membantu perjuangan rakyat palestina.

Hari ini, KTT akan dimulai pukul 8.30 dan berakhir pukul 17.30. Selain agenda utama KTT, bakal ada sejumlah sesi pertemuan bilateral antarnegara di sela-sela kegiatan. (bil/byu/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan