Menengok Dapur Tim Kreator Tayangan Animasi Adit-Sopo Jarwo

Keluarga Cemara dan Si Doel Jadi Referensi

Indonesia Animation Army harus mengubah alur cerita Adit & Sopo Jarwo puluhan kali sebelum sampai ke bentuk seperti sekarang ini. Ingin menjadikan tayangan animasi asing sebagai partner.

NURIS ANDI P, Jakarta

KALAU suatu hari nanti Upin dan Ipin mampir ke Kampung Karet Berkah di Jakarta, tempat Sopo, Jarwo, dan Adit tinggal, jangan kaget. Jangan pula terkejut jika kelak Sopo, Jarwo, atau Adit yang mendarat di Kampung Durian Runtuh, kampung halaman Upin dan Ipin.

Sebab, setidaknya itulah yang ada di benak Dana Riza dan Eki NF, dua sosok penting di balik serial animasi televisi Adit & Sopo Jarwo (ASJ). ”Jika memungkinkan, Adit & Sopo Jarwo bisa satu frame cerita dengan Upin-Ipin,” kata Dana yang diamini Eki.

Popularitas ASJ memang terus meroket menyaingi Upin-Ipin yang diimpor dari Malaysia. Namun, Dana maupun Eki tak pernah menganggap animasi impor sebagai pesaing. ”Kami justru ingin memosisikan diri sebagai partner,” kata Eki.

Dana merupakan kepala suku Indonesia Animation Army (IAA) yang memproduksi ASJ. Sedangkan Eki berperan sebagai penulis skripnya. IAA merupakan semacam movement project yang mengumpulkan para animator berbakat dari berbagai kawasan di Indonesia.

Proses kreatif ASJ juga dimulai dengan perburuan animator itu tiga tahun silam. Dana bersama rekan-rekannya di MD Animation mengunjungi berbagai daerah, di antaranya Jogjakarta, Surabaya, dan Malang. Kini 60 animator berhimpun bersama IAA.

Ketika ASJ mulai digarap, Dana menyatakan puluhan kali harus mengubah alur cerita sampai menemukan bentuk seperti sekarang ini. Yang mereka tonjolkan adalah kearifan lokal Indonesia. Untuk itu, sejumlah tayangan televisi pada 1990-an menjadi referensi mereka. ”Keluarga Cemara dan Si Doel Anak Sekolahan termasuk referensi kami,” sebut Eki.

Seperti halnya Donald Duck dan Mickey Mouse dari Disney atau Doraemon dari Jepang, ASJ juga diharapkan bisa menjadi tayangan yang timeless. Tak terbatas waktu alias bisa ditonton kapan saja. Sebuah tayangan animasi yang selalu dikenang hingga puluhan tahun mendatang.

Tinggalkan Balasan