Pedagang Pasar Cimindi Mulai Berjualan

bandungekspres.co.id– Pasca kejadian kebakaran beberapa waktu lalu, puluhan Pedagang Pasar Cimindi, di Jalan Mahar Matanegara bisa bernafas lega. Pasalnya, Pemerintah Kota Cimahi melalui Dinas Koperasi Perindustrian Perdagangan dan Pertanian (Diskpindagtan) mulai meakukan rehab puluhan kios dan lapak yang terbakar.

Kepala Pasar Cimindi Andri Gunawan menyebutkan, pasca kebakaran para pedagang di relokasi ke halaman parkir Pasar Cimindi sekitar seminggu, sambil menunggu proses rehab, kios dan lapak yang menjadi korban si jago merah. ”Sekarang praa pedagang bisa bernafas lega karena mereka sudah bisa berjualan di kiosnya masing-masing,walau proses pembenahan pasar belum benar-benar selesai.” Katanya, kemarin (19/2).

Sudah hampir satu minggu ini para pedagang mulai berjualan di kios dan lapaknya masing-masing. Mereka mulai aktif kembali melakukan transaki jual beli. Pihak Pengelola Pasar dengan bantuan dana darurat dari Pemkot Cimahi yang berasal dari APBD terus melakukan rehab kios dan lapak yang terbakar. ”Proses pembangunan kembali kios dan lapak yang terbakar bisa belangsung cepat karena kami secara intensif melakukan komunikasi dan koordinasi dengan Diskopindagtan untuk pencairan dana darurat bencana agar kegiatan ekonomi para pedagang bisa kembali normal,” sebutnya.

Adanya kucuran dana tersebut membuat pihaknya dapat secara cepat untuk merehab kios-kios yang terbakar. ”Tak sedikit pula mereka harus mengeluarkan biaya untuk merehab kiosnya karena tak semuanya perehaban dari dana bantuan pemerintah,” katanya.

Andri melanjutkan, sejauh ini proses perehaban tersebut tidak berlangsung lama. Ini lantaran kekompakan dari semua pedagang dan pengurus pasar untuk mengurus proses rehab pasar pasca terbakar. (bun/asp)

Tinggalkan Balasan