Jalan Treble Takkan Trouble

Makanya, demi mengamankan jalan menuju treble winners, Enrique meminta pemainnya tidak berselebrasi terlalu lama. ’’Cukup sepuluh menit untuk merayakannya. Akhir pekan ini kami sudah ditunggu laga di La Liga yang berat,’’ sebut pria berusia 45 tahun itu.

Pertanyaannya, bisakah Enrique mengulangi musim lalu dengan juara di La Liga, Copa del Rey dan Liga Champions? Satu hal yang bisa menjadi pendukung kans itu terjadi musim ini. Pecahnya rekor tidak terkalahkan 28 laga Josep Guardiola pada musim 2010-2011 silam bisa jadi kuncinya.

Imbang dengan Los Che – julukan Valencia – kemarin menjadi hasil unbeaten ke-29 Enrique. Terbaik di histori Barca. Istilah kasarnya, dengan berbekal hanya 18 laga unbeaten saja Barca sudah melewati tiga final dengan sukses, bagaimana dengan 29 laga unbeaten.

Logikanya, dengan laga unbeaten lebih banyak maka peluang Barca untuk meraih tiga gelar juga lebih besar. ’’Itu hanya statistik. Yang paling penting bagaimana rekor itu bisa berarti atau tidak bagi kami,’’ ungkapnya, dikutip dari AS.

Selain jumlah unbeaten-nya lebih banyak, ada tiga hal yang membuat Barca layak mengulangi treble winners-nya. Pertama, trio lini depan Lionel Messi, Luis Suarez dan Neymar atau trio MSN lebih gila ketimbang musim lalu.

Musim belum berakhir, trio MSN sudah mengemas 81 gol. Sedangkan hingga akhir musim lalu, trio MSN mendulang 120 gol di semua ajang. Lalu, keutuhan skuad Barca musim ini juga lebih kuat ketimbang musim lalu. Itu bisa dilihat dari perbandingan cedera pemainnya.

Musim lalu Barca meraup tiga gelar dengan berbalut badai cedera, ada enam pemain yang mengalami cedera parah. Dimulai dari Messi, Jordi Alba, Dani Alves, Andres Iniesta, Thomas Vermaelen, dan Rafinha. Bandingkan di musim ini dengan Messi yang paling parah cederanya.

Faktor ketiga dan yang paling kelihatan dalam laga lawan Valencia kemarin adalah kedalaman skuad. Musim lalu, dari skuad peninggalan Gerardo ”Tata” Martino, Enrique hanya menambahkan Rakitic, Jeremy Mathieu, dan Vermaelen.

Dan musim ini, dari skuad treble winners-nya Enrique menambahnya dengan Arda Turan dan Aleix Vidal. Karena larangan transfer, kedua pemain itu baru bisa bergabung dengan skuad Barca pada bulan Januari kemarin.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan