Beco Rusak, Perbaikan Molor

[tie_list type=”minus”]Warga Khawatirkan Longsor[/tie_list]

bandungekspres.co.id– Puluhan warga yang tinggal di sekitar Tempat Pembuangan Akhir Sumurbatu, menolak truk sampah Dinas Kebersihan Kota Bekasi membuang sampah ke TPA tersebut. Mereka meminta pembenahan gunungan sampah diutamakan lebih dulu sebelum TPA dioperasionalkan kembali.

Alasan warga, mereka khawatir sampah yang dibuang ke zona VB akan longsor lagi. ’’Kalau ini belum selesai jangan dulu ada yang buang sampah di sini. Tunggu sampai selesai, ntar kalau ada yang buang sampah takutnya longsor lagi,” ucap salah satu warga Ibrahim Naim, Jumat (29/1).

Ibrahim melanjutkan awalnya pada pukul 07.00, supir kendaraan berat beco sudah bersiap akan menurunkan sampah dari ratusan truk sampah yang sudah menginap sejak dua hari lalu. Tapi setelah warga melihat ke TPA pembenahan belum selesai, pihaknya bersama warga lain melakukan pencegahan agar aktivitas pembuangan sampah dihentikan sementara.

’’Rumah kita cuma 10 Maret dari TPA. Lah takut longsor lagi kalo dipaksain dibuang di situ. Mending kalau cuma satu apa dua truk. Lah itu di luar ada ratusan truk,’’ ungkapnya.

Menurut Ibrahim, Dinsih harus menyelesaikan pembenahan sampai zona tersebut benar-benar aman untuk dilakukan pembuangan sampah. Walaupun sampai dua atau tiga hari ke depan. Sementara seorang supir truk sampah asal Mustikajaya, Rahmat, yang awalnya telah bersiap sejak subuh membuang sampah harus membatalkan niatnya.

Rahmat bersama supir lain sudah menginap di lokasi sejak dua hari lalu. Akhirnya karena tidak ada kepastian Rahmat memutuskan untuk kembali ke rumahnya dan meninggalkan truk sampah di lokasi TPA.

’’Awalnya pagi ini udah bisa buang sampah. Tapi warga melarang, ya udah kita tinggal aja mobilnya di sini sampai ada kepastian dibukanya TPA. Udah dua hari tidur di sini nunguin TPA buka. Tadi saya denger dari supir beco katanya Senin baru buka kembali TPA. Kalo gitu mendingan kita pulang aja dulu,’’ ucap Rahmat.

Pantauan di lokasi paska longsornya gunungan sampah di zona VB. Awalnya ada empat alat berat jenis deco dan satu buldoser yang bekerja merapikan bekas longsoran. Namun kemarin dua beco mengalami kerusakan pada mesin sehingga tidak dapat dipergunakan. Dan hanya dua beco yang saat ini melakukan pembenahan zona hingga akan menghambat pengerjaan pembenahan zona dan diperkirakan baru akan selesai tiga hari ke depan. (dat/vil)

Tinggalkan Balasan