Azarenka Tunduk di Tangan Kerber

[tie_list type=”minus”]Sejarah untuk Inggris dari Konta[/tie_list]

bandungekspres.co.id– Petenis Inggris Johanna Konta mengukir sejarah. Kemarin dia menghentikan penantian panjang publik Inggris melihat petenis putri negara tersebut menembus semifinal grand slam. Bukan penantian yang singkat karena berlangsung selama 33 tahun.

Konta menembus empat besar Australia Terbuka usai menumbangkan petenis Tiongkok Zhang Shuai 6-4, 6-1 di Rod Laver Arena. Kali terakhir petenis putri Inggris mampu menembus semifinal grand slam adalah pada 1983.

Saat itu Jo Durie yang melakukannya di ajang Amerika Serikat Terbuka. Raihannya ini juga membuat Konta menjadi petenis putri Inggris ketiga sepanjang sejarah yang mampu tampil di semifinal Australia Terbuka. Dua petenis lain adalah Virginia Wade dan Sue Barker. Wade pada 1972 bablas juara. Sementara Barker menjadi semifinalis dua kali yakni pada 1975 dan 1977.

”Dia tidak membuat ini menjadi mudah,” ucap Konta tentang kemenangannya atas Shuai dikutip AFP. Petenis 24 tahun itu menumbangkan Shuai dalam tempo 1 jam 23 menit. ”Saya sangat bahagia. Saya bertarung dengan sangat keras di setiap poin yang saya dapat,” tambah petenis yang kini menduduki ranking 47 dunia tersebut.

Di semifinal hari ini, Konta bakal menantang petenis Jerman Angelique Kerber. Unggulan ketujuh tersebut kemarin juga membuat raihan besar dengan menumbangkan mantan ranking satu dunia Victoria Azarenka 6-3, 7-5.

Kemenangan Kerber atas Azarenka membawanya menembus semifinal grand slam ketiga sepanjang karier. Padahal, awalnya Azarenka lebih diunggulkan karena di enam pertemuan sebelumnya selalu mampu menundukkan Kerber. Kali terakhir mereka bertemu adalah di final Brisbane International 2016 Januari lalu (10/1).

”Saya hanya berusaha terus fokus pada pertandingan. Melakukan seperti apa yang telah saya lakukan di laga-laga sebelumnya,” ucap Kerber.

Pukulan forehand keras petenis 28 tahun itu menjadi mimpi buruk bagi Azarenka. 19 dari 31 winners yang dicetak Kerber datang dari ayunan forehand. Di lain sisi, pukulan backhand Azarenka menjadi problem utama karena menghasilkan 20 dari 33 unforced errors yang dia buat.

Selain mempertemukan Konta versus Kerber, semifinal tunggal putri hari ini akan mempertemukan unggulan pertama Serena Williams kontra unggulan keempat Agnieszka Radwanska. Satu semifinal tunggal putra antara Novak Djokovic dan Roger Federer juga bakal digelar.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan