Tolak Pembangunan Terminal Tipe A

[tie_list type=”minus”]Lokasi Lahan Belum Jelas [/tie_list]
bandungekspres.co.id– Rencana perubahan status Terminal Cikarang menjadi tipe A ditentang oleh Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Bekasi, Taih Minarno. Dia menganggap kalau perubahan status itu hanya akan menyedot APBD dengan jumlah yang besar.
Kata dia, jika perubahan status terminal dilakukan maka otomatis pembangunan akan ditingkatkan. Sementara jika selesai ditingkatkan, pengelolaan terminal akan diambil alih oleh pemerintah provinsi dan tidak ada PAD untuk Pemerintah Kabupaten Bekasi.
’’Anggaran lebih banyak di provinsi dan kalau mau merubah (terminal) tipe A maka provinsi yang memberinya, bukan Kabupaten Bekasi karena nantikan kepentingan untuk provinsi juga,” ungkapnya.
Selain dinilai bakal rugikan pemerintah daerah, lahan untuk pembangunan terminal pun belum jelas. Karena terminal yang sedianya dibangun di atas lahan fasos fasum PT Lippo belum diserahkan ke pemerintah daerah.
’’Lahannya juga belum jelas, pembangunannya juga belum ada kajian juga,” katanya.
Menurut Taih, harusnya pemerintah daerah perbaiki pelayanan terminal yang sudah ada saat ini, dan tidak lantas merubah atau membangun terminal bertipe A. Jika memiliki rencana untuk memindahkan terminal yang ada saat ini, kata dia, harus di tempat yang berdekatan dengan jalan tol.
’’Ada rencana sih di Jababeka dekat Stadion Wibawamukti, karena di situ dekat tol dan juga lebih mudah dijangkau, apalagi nanti itu menjadi pusat keramaian,” tambahnya.
Jika rencana pembangunan terminal bertipe A tetap dilakukan, Taih khawatir jika Terminal Kalijaya yang ada saat ini hanya akan menjadi terminal untuk angkutan umum. Bahkan menurutnya, di terminal itu nantinya hanya akan menambah kesemrawutan.
’’Jadi rencananya di Terminal Kalijaya jadi terminal angkot karena selama ini kan semrawut dan banyak yang bikin macet makanya dialokasikan untuk angkot,” tandasnya. (dho/vil)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan