Berjalan Kaki ke Gunung Burangrang

Upaya Menjaga Lingkungan dan Mata Air, Wakil Bupati bersama Anggota Wanadri

Untuk menjaga mata air dan kelestarian alam, Wakil Bupati Bandung Barat Yayat T Soemitra rela berjalan kaki ke mata air Cikahuripan/Cibeusi di kaki Gunung Burangrang, Desa Cikahuripan, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (7/1). Yayat berjalan kaki dengan ketinggian hingga 2.064 meter ditemani oleh belasan anggota Tapak Rimba Wanadri angkatan 1971.

Hendrik Kaparyadi, LEMBANG

Tapak Rimba Wanadri
HENDRIK KAPARYADI/BANDUNG ESKPRES

PEDULI ALAM: Wakil Bupati Bandung Barat Yayat T Soemitra
bersama wanadri semangat mendaki menuju Mata Air Cikahuripan

Pagi yang cerah sekitar pukul 10.00 WIB, Yayat terlihat bersemangat untuk melihat langsung kondisi mata air Cibeusi di bawah kaki Gunung Burangrang. Dia yang mengenakan baju batik ini terlihat tidak sabar untuk berjalan kaki kendati jalan yang dilalui cukup menantang dengan kondisi berbukit dan kebun warga sepanjang lebih dari dua kilometer.

Yayat berjalan terus bersama pendaki-pendaki dari anggota Tapak Rimba Wanadri sekaligus untuk menanam pohon sebagai upaya pelestarian kawasan hutan dan mata air. ”Pemerintah mengapresiasi langkah dan acara yang digelar oleh masyarakat di sini termasuk gagasan yang dilakukan oleh anggota Wanadri,” kata Yayat kepada wartawan usai melakukan penanaman pohon di bawah kaki Gunung Burangrang, kemarin.

Yayat mengaku bangga, dengan kepedulian masyarakat sekitar yang peduli terhadap lingkungan. Terutama dalam menjaga mata air yang mampu memberikan kontribusi kepada seluruh masyarakat. Menurut Yayat, mata air ini harus terus dijaga agar tetap memberikan manfaat bagi masyarakat terutama saat menghadapi musim kemarau.

”Memang sekarang musim hujan air cukup banyak. Tapi, kalau sudah musim kemarau air cukup sulit didapat. Oleh karenanya mata air harus tetap dijaga,” ungkapnya.

Salah satu bukti nyata peduli pada lingkungan dan kondisi mata air, kegiatan ini juga diisi dengan penanaman pohon sebagai salah satu cara agar penyerapan air lebih baik. Bahkan, penanaman pohon ini guna mencegah terjadinya longsor.

”Dengan penanaman pohon akan mencegah terjadinya longsor. Pohon yang ditanam ini juga akan bermanfaat bagi masa depan,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan