Membunuh Tim Hantu

Ada satu benang merah setiap United takluk di tangan Swansea. Yaitu kegagalan United menjaga momentum kemenangan. United unggul lebih dahulu, lalu Swansea comeback membalikkan kedudukan. Cara agar kesalahan itu tidak terulang harus dicari Van Gaal.

Apalagi, Swansea paro musim pertama lalu punya tren comeback. Dari 19 laga, empat di antaranya Swansea selamat dari kekalahan dengan comeback-nya. Termasuk ketika mengalahkan United. ’’Saya yakin cara itu tetap dipakai Swansea,’’ sebut pelatih berkebangsaan Belanda itu.

Lebih lanjut, dikutip dari Mirror, Van Gaal juga sudah belajar dari pengalaman kekalahan atas Swansea. ’’Tiga kali kalah cukup untuk menganalisa permainan mereka. Sudah ada game plan untuk itu. Tidak butuh sihir, hanya perlu meningkatkan performa tim dan individu,’’ lanjutnya.

Di sinilah konsentrasi duo menara kembar di pertahanan United akan dibutuhkan. Di laga nanti, Daley Blind-Chris Smalling akan jadi tumpuan di posisi bek tengah. Meredam peluang-peluang Chelsea lalu dijadikan sebagai pelajaran.

Pasalnya, melawan Chelsea lalu menjadi laga pertama dari empat laga Premier League United yang berakhir dengan clean sheet. ’’Bukan soal kami gagal mencetak gol, kami ambil sisi positifnya saja (dari pertahanan). Kami yakin bisa lebih kuat,’’ koar Smalling kepada situs resmi klub.

Swansea punya modal selain kemampuan comeback-nya. Pertahanan klub yang masih diarsiteki Alan Curtis sebagai pelatih sementara itu clean sheet dalam tiga laga Premier League beruntun. Clean sheet beruntun dalam empat laga akan menjadi performa terbaik Swansea empat musim terakhir.

Dilansir dari South Wales Evening Post, Curtis menyebut peningkatan performa pertahanannya menjadi kunci membendung ambisi bangkit United. Dari tiga laga terakhir, rasio keberhasilan defense Swansea menghentikan crossing lawan mencapai 50 persen.

Padahal, lanjut Curtis, biasanya hanya berkisar 20 persen. ’’Itu belum dari kemampuan defense kami dalam aspek block tackle dalam kotak penalti yang juga meningkat. Saya sudah menantang para pemain untuk lebih bagus lagi di depan United,’’ tegasnya. (ren/vil)

Tinggalkan Balasan