Pertama Kali Teriakkan ”Merdeka atau Mati”

[tie_list type=”minus”]Mengunjungi Richmond, Mampir ke Gereja St. John’s yang Bersejarah[/tie_list]

Pekikan “Merdeka atau Mati” merupakan salah satu yang paling menggetarkan dalam sejarah Indonesia. Ternyata, kalimat itu kali pertama diucapkan pada 1775 di sebuah gereja di Richmond.

AZRUL ANANDA – Richmond, Virginia

Richmond, ibu kota negara bagian Virginia di Amerika Serikat, bukanlah kota yang besar. Penduduknya ’’hanya” sekitar 215 ribu orang. Kalau menghitung kawasan metropolitannya, baru angkanya mencapai sekitar 1,2 juta orang.

Pada 20-27 September lalu, kota itu menjadi sorotan dunia olahraga, menjadi tuan rumah kejuaraan dunia balap sepeda.

Tidak tanggung-tanggung, penyelenggara menyebut lebih dari 645 ribu orang datang menyaksikan event tersebut. Tiga kali lipat jumlah penduduk kota!

Dengan menjadi tuan rumah, Richmond ingin menunjukkan kepada dunia bahwa kota itu bukan sekadar kota sejarah. Bahwa Richmond siap menjadi ’’kota dunia”.

Antara 24-27 September itu, penulis berada di Richmond untuk menyaksikan dan meliput kejuaraan dunia. Sekaligus berwisata sepeda, menjajal rute lomba plus merasakan jalur khusus sepeda yang memanjang dari Richmond ke arah timur, ke arah lautan Atlantik.

Misalnya Virginia Capital Trail, ’’jalan tol” khusus sepeda yang memanjang lebih dari 80 km dari Richmond menuju Williamsburg. Melewati pula Jamestown, kota yang terkenal lewat kisah Pocahontas.

Dan tentu saja, ikut mengunjungi situs-situs wisata yang ada di Richmond, kota yang memang punya sejarah sangat panjang di Amerika. Khususnya dalam perang kemerdekaan pada akhir 1700-an dan perang sipil di akhir 1800-an.

Ada gedung-gedung menarik untuk jadi background foto di Richmond, misalnya State Capitol (Kantor Gubernur) di pusat kota. Tapi yang paling seru ada di sisi timur kota, di kawasan kota lama.

Sisa-sisa pabrik rokok masih berdiri di Richmond. Dulu, Richmond memang hidup dan besar dari industri rokok.

Kota lama ini posisinya agak tinggi, jadi dari sana bisa melihat pemandangan downtown baru Richmond, atau James River (sungai).

Ada Museum Edgar Allan Poe, mengenang sang penyair kondang yang pernah tinggal di Richmond. Dan yang paling penting atau signifikan: Gereja St. John’s.Lokasinya ada di Church Hill (bukit gereja), di East Broad Street. Bagi penonton kejuaraan dunia, lokasinya sangat praktis untuk dikunjungi. Karena ada di antara dua tanjakan berbatu yang paling menentukan dalam lomba, paling menarik untuk ditonton langsung. Yaitu Libby Hill dan 23rd Street. Kalau mau pindah menonton, bisa melewati Gereja St. John’s.

Tinggalkan Balasan