Tuhan Ada di Rumah, Pasar, dan Sawah

’’Nama saya Tuhan, adik saya Tuhar dan Tohari,’’ jelasnya saat ditemui di kediamannya.

Tuhan lainnya sehari-hari bisa ditemui di pasar dekat tempat bermukimnya di Desa Tutul, Kecamatan Balung. Di KTP-nya memang tertulis dia petani. Tapi, belakangan dia lebih aktif sebagai pedagang ayam.

Setiap hari pria dua anak itu rajin ke pasar untuk menawarkan dagangan. Sepulang dari pasar, Tuhan yang satu ini juga masih harus keliling kampung untuk berburu ayam. ’’Semua orang tahu kalau nama saya Tuhan. Kadang sering juga dijadikan bahan guyonan,’’ tuturnya.

Dia tak secara spesifik menyebutkan guyonannya seperti apa. Tapi, mungkin saja, setiap kali dia lewat, ada tetangga atau kenalan yang nyeletuk, ’Katanya Tuhan, kok masih nyari ayam’.

Meski sering diledek, seperti juga Tuhan di Banyuwangi, pria kelahiran 1 Juli 1951 tersebut tak mau namanya diganti. ’’Karena saya yakin nama itu doa sekaligus harapan orang tua,’’ jelasnya.

Nah, Tuhan yang satunya lagi ini agak sulit dicari. Bukan karena dia tengah sibuk mengurusi umat, eh maaf, maksudnya pekerjaan. Tapi, karena sehari-hari dia tidak dipanggil dengan nama lahirnya itu.

Warga sekitar tempat tinggalnya di Dusun Krajan, Kelurahan Slawu, Kecamatan Patrang, biasa memanggilnya Pak Farida. Farida adalah nama anak pertamanya. Memanggil seseorang dengan nama anak pertama adalah tradisi yang juga bisa dijumpai di sejumlah tempat di Jawa.

Tuhan di Slawu itu, bicaranya, agak keras. Sebab, kemampuan pendengarannya sudah agak berkurang. ’’Tuhan ya Allah. Jadi, ya (justru) baik namanya,’’ ujar Tuhan sembari menunjuk ke atas.

Karena itu, buruh tani dari Krajan tersebut juga menolak rekomendasi Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk mengganti dan menambah namanya. Wong selama 65 tahun hidupnya memakai nama Tuhan, dia merasa tidak pernah punya masalah. Juga, lantas dikutuk jadi jambu monyet, misalnya.

Sang anak, Anik, pun mengaku tak terbebani dengan nama sang bapak. Meski, sejak kecil dia tahu bahwa Tuhan itu berarti Sang Maha Pencipta. ’’Ya biasa saja, seperti nama orang lainnya,’’ jelasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan