RW 24 Permata Biru menuju RW Percontohan

PENGURUS Rukun Warga (RW) 24 Desa Cinunuk Kecamatan Cileunyi (kawasan Komplek Permata Biru) Kabupaten Bandung dipandang sebagai sosok-sosok yang memiliki semangat, peduli, dan punya daya juang dalam membangun daerahnya, menuju RW percontohan di tingkat desa, kecamatan, bahkan kabupaten.

Banyak upaya yang dilakukan para pengurus periode 2015-2020 ini dalam menggerakkan kegiatan kemasyarakatan ke arah yang positif. Hal inilah yang dapat mendorong para warga untuk memiliki rasa cinta, citra, serta bangga terhadap daerahnya. Kesolidan mereka terlihat dalam kegiatan Perayaan HUT Kemerdekaan RI yang ke-70, belum lama ini.

’’Saya berharap RW 24 Desa Cinunuk ini menjadi RW percontohan, baik di tingkat desa, kecamatan, maupun kabupaten. Saya pun punya obsesi, Permata Biru ini bisa dimekarkan menjadi kelurahan terpisah dari Desa Cinunuk,” jelas Ketua RW 24 Desa Cinunuk Kecamatan Cileunyi Kab Bandung, Drs Maman Rachmana, MM, didampingi sekretaris M Helmi Kahfi, S.Sos, M.Mpd.

Daya dukung dan potensi menjadi kelurahan sudah siap, tinggal respons dari masyarakat. ’’Di RW 24 saja ada 11 RT dan 600 KK. Belum khazanah yang berupa sumber daya manusia, sumber pemasukan asli daerah, dan lain-lain cukup menjadi daya dukung untuk bisa dimekarkan dari Desa Cinunuk,” kata Maman, kandidat doktor di Unpad ini.

Ditanya soal semarak Agustusan, Helmi menjelaskan, semua kegiatan peringatan HUT RI ke-70 bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap tanah air Indonesia, juga menjadi sebuah pembelajaran bagi warga terutama para pemuda untuk selalu berkegiatan positif. ’’Kita berharap bangsa ini akan menjadi bangsa yang makmur dan merdeka dalam segala hal,” ujar Helmi.

Dengan semarak HUT RI ke-70 ini, lanjut Helmi, bisa menjalin silaturahmi antarwarga, bersinergi, dan bahu-membahu membangun daerah. “Apalagi dengan kegiatan olahraga, aroma persahabatan dan kekeluargaan sangat kental. Warga Permata Biru yang kebanyakan pegawai dan pejabat, bisa bertatap muka dalam kegiatan agustusan ini,” jelasnya.

Seperti di RW-RW lain, RW 24 menggelar aneka lomba, kegiatan olahraga, dan pentas/kreasi seni. Bahkan pada hari H-nya sebanyak 200 orang terlibat dalam kegiatan funbike. ’’Di sini kelihatan kesolidan warga masyarakat, tidak mengenal strata maupun kasta, semua bersatu padu ingin menjadi daerahnya Permata Biru nomor satu,” pungkas Helmi.(*)

Tinggalkan Balasan