53,5 Juta kWh Terselamatkan

[tie_list type=”minus”] Berkat Pemeliharaan Listrik Tanpa Padam[/tie_list]

SELAMA semester I 2015,PT PLN Distribusi Jawa Barat dan Banten (DJBB) telah menyelamatkan 53,5 juta kWh atau setara Rp 53 miliar dari kegiatan pemeliharaan jaringan listrik bertegangan 20.000 Volt tanpa harus melakukan pemadaman. Pekerjaan pemeliharaan preventif jaringan distribusi tenaga listrik pada Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM) 20.000 Volt tanpa padam dilakukan oleh tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan – Tegangan Menengah (PDKB-TM) secara rutin di 17 Area kerja PLN DJBB.

Deputi Manajer Komunikasi PLN DJBB Achmad Syah menagatakn, dengan pemeliharaan SUTM 20.000 Volt tanpa pemadaman, maka pasokan tenaga listrik pada jaringan tersebut tetap terjaga sehingga pelanggan PLN tetap dapat memanfaatkan tenaga listrik. ”Dan PLN pun terhindar dari kerugian karena kehilangan kesempatan menjual tenaga listrik akibat padam,” ujar Achmad pada kegiatan Bakti PDKB PLN DJBB di Cileungsi, Kabupaten Bogor, Selasa (25/8).

Sementara itu, Manajer PLN Area Gunung Putri, Martindar Jalu Respati mengatakan, kegiatan Bakti PDKB yang dilakukan di Gunung Putri kali ini dilaksanakan secara serentak di 14 titik. Aktivitas pemeliharaan jaringan oleh gabungan delapan tim PDKB dari delapan area ini antara lain melakukan penggantian isolator tumpu, pemeliharaan jumper 3 phasa, pemasangan fuse cut out pada percabangan, bongkar pasang, LBS mekanik, penggantian fuse cut out dan arrester gardu.

Kegiatan ini ditargetkan mampu menyelamatkan 204 ribu kWh atau setara Rp 226 juta. ”Total untuk wilayah Gunung Putri selama semester I 2015 Tim PDKB kami telah menyelamatkan 3,1 juta kWh yang setara dengan Rp 2,9 miliar,” kata Martindar.

Tim PDKB-TM merupakan regu teknisi distribusi dengan keahlian dan kompetensi khusus untuk memelihara jaringan listrik SUTM dalam keadaan bertegangan 20.000 Volt. Sejak awal 2013, PLN DJBB memiliki 17 Tim PDKB-TM pola berjarak, di mana setiap Tim melakukan pekerjaan pemeliharaan menggunakan alat bantu sehingga petugas tidak menyentuh langsung jaringan listrik. Namun saat ini, PLN DJBB sedang mempersiapkan pembentukan Tim PDKB-TM pola sentuh langsung, di mana tim PDKB-TM akan memperbaiki jaringan SUTM dengan cara menyentuh langsung jaringan tersebut, menggunakan sarana pendukung yaitu kendaraan crane yang berisolasi tahan 24.000 volt untuk membawa petugas ke posisi mendekati jaringan. (rls/rie/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan