DAM Resmikan 12 SMK Kurikulum Teknik Sepeda Motor (KTSM) Honda di Jawa Barat

BANDUNG – Mendukung peningkatan program pendidikan di Jawa Barat, PT Daya Adicipta Mustika (DAM) selaku distributor utama sepeda motor dan suku cadang Honda di Jawa Barat kembali meresmikan 12 Sekolah Menengah Kejuruan yang didaulat masuk dalam pembinaan Kurikululum Teknik Sepeda Motor (KTSM). Penandatanganan kesepakatan dilakukan pada 25 Agustus 2015 di SMK Al Farisi, Kabupaten Garut.

DAM bekerja sama dengan PT Astra Honda Motor (AHM) mengikat kerjasama dengan 12 SMK di antaranya SMK Tunas Bangsa Ngamprah Kabupaten Bandung Barat, SMK Muthia Harapan Cicalengka Kabupaten Bandung, SMK Merdeka Kota Bandung, SMK Pasundan 2 Kota Bandung, SMK Master Indonesia Kabupaten Bogor, SMK Miftahussalam Kabupaten Ciamis, SMK Taruna Bhakti Kabupaten Cianjur, SMK Teknologi Kabupaten Karawang, SMK Manangga Pratama Kota Tasikmalaya, SMK Al Farisi Kabupaten Garut, SMK Bina Insan Kamil Kota Bekasi, dan SMK Tri Bintang Purwadadi Kabupaten Ciamis.

Manager Technical Development Yudi Heriyadi mengatakan, ”12 sekolah terpilih ini akan langsung bergabung dalam jaringan sekolah pengembangan KTSM yang sebelumnya baru berjumlah 81 (delapan puluh satu) sekolah yang memiliki jurusan otomatif kendaraan roda dua yang tersebar di Jawa barat. Sekolah akan langsung mendapatkan program kurikulum setara dengan pendidikan yang diberikan untuk mekanik AHASS (Astra Honda Authorized Service Station) atau Technical Training Level Satu (TTL 1). Output yang diharapkan adalah siswa-siswa lulusan SMK dapat langsung bekerja di jaringan AHASS atau wiraswasta.”

Sementara itu, General Manager Sales, Marketing & Logistik DAM Lerri Gunawan menjelaskan, ”DAM secara aktif telah memulai program KTSM Honda ini sejak 2009. Kurikulum ini akan mencakup silabus khusus yang disaranai untuk siswa tingkat SMK, dan dilanjutkan dengan penyiapan sarana fisik, berupa laboratorium di sekolah-sekolah yang terpilih. Sebagai salah satu program tanggungjawab sosial pada masyarakat di bidang pendidikan, DAM tidak hanya membidik sekolah yang ada di pusaran kota besar saja, namun juga menjangkau sekolah yang berda di pinggiran kota maupun kabupaten yang masih jarang dan sulit untuk mendapatkan bantuan pendidikan.”

Sebagai bagian dari rangkaian acara, digelar pula pelatihan mengenai keunggulan teknologi sepeda motor Honda untuk siswa-siswa dan guru SMK. Pelatihan ini disokong oleh DAM sebagai bekal dasar dalam pembinaan Kurikulum Teknik Sepeda Motor. Dihadirkan pula Servis Kunjung Paguyuban AHASS Garut yang akan melayani Service Ekonomis dan Safety Check untuk pengendara motor Honda di SMK. Tidak ketinggalan kampanye keselamatan berkendara berupa pelatihan safety riding untuk pelajar dan guru. (adv/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan