Secapa Luluskan 429 Perwira Muda

SUKAJADI – Sebanyak 429 perwira muda yang terdiri dari 399 pria dan 30 perwira perempuan dinyatakan lulus dalam Pendidikan Pembentukan Perwira TNI AD yang digelar di Lapangan Wiradhika Secapa AD kemarin (3/8).

SECAPA
RIYAN GUSTIYAN/BANDUNG EKSPRES

LULUS: Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Mulyono (kiri) menyerahkan penghargaan Trisakti Wiradhika kepada perwira muda yang memiliki tiga kemampuan handal di Secapa AD kemarin (3/8).

Komandan Secapa AD Brigadir Jenderal (TNI) Eddy Supriyanto mengatakan, pendidikan ini merupakan gelombang I yang diselenggarakan pada 2015 dengan masa pendidikan selama 7 bulan. Setelah ini, lulusan akan melanjutkan kecabangan di masing-masing kecabangan, seperti Infantri, Senif, Kavaleri dan kecabangan AD lainnya.

Menurutnya, dalam masa pendidikan di Secapa AD, pemberian materi diberikan sama seperti pendidikan sebelumnya, sebab materi sumber perwira TNI AD berasal dari Akademi Militer, Sepawamil, dan dan internal Secapa AD. ’’Jadi dalam materi sebetulnya tidak ada perubahan dan lulusannya sebagai Perwira muda berpangkat letnan dua,” jelas Eddy usai acara pelantikan.

Selain itu, dalam memberikan materi kepada siswa, pihaknya telah menyesuaikan dengan perkembangan yang ada. Apalagi sekarang perkembangan teknologi sudah demikian pesat, namun dalam pemberian doktrin pada perwira muda ini harus dilakukan untuk menciptakan prajurit tangguh dan profesional.

Pendidikan di Secapa dibagi dalam tiga taraf, yaitu pembentukan, pengisian, dan pemantapan. ’’Kemudian mereka diorganisir dalam satu resimen siswa yang membawahi dua batalyon siswa pria dan satu pleton siswa wanita,” jelasnya.

Eddy menambahkan, untuk latar belakang pendidikan di Secapa ini sebetulnya beragam, rata-rata ada yang dari SMA/SMK, D3, S1 hingga S2. ’’Jadi saya berharap para lulusan ini bisa tetap memberikan rasa kebanggaan dan menjujung tinggi tugas yang diemban dan bersikap profesional dalam bertugas,” tutup jenderal bintang satu tersebut.

Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal (TNI) Mulyono memberikan penghargaan Trisakti Wiradhika kepada siswa yang memiliki tiga aspek kemampuan handal. Penghargaan tersebut diberikan kepada Letda (Inf.) Pangidoan Tanjung asal Kopassus dan Letda (Cba.) Puji Rahayu dari Secapa AD. (yan/vil)

Tinggalkan Balasan