Disdik Upayakan MPLS Jauh dari Perploncoan

’’Kita kerja sama dengan dinas kebakaran yang nantinya akan ada simulasi penanganan kebakaran untuk memperkenalakan lingkungan sekolah. Itu nanti hari Rabu kegiatannya (besok),’’ ujar Wakasek Kesiswaan SMAN 23 Bandung Tedi, kemarin (27/7).

Tedi menjelaskan, simulasi kebakaran sangat diperlukan. Mengingat, akhir-akhir ini musibah kebakaran banyak terjadi di Kota Bandung. Hari berikutnya (Kamis), SMAN 23 Bandung akan mengundang dari Badan Geologi untuk memberikan pengetahuan terkait bencana alam. ’’Karena kan kita kalau ada bencana alam seperti gempa nggak tahu penanganannya. Jadi kita lakukan simulasi bencana,’’ ujar dia.

Pihaknya juga akan memberikan materi-materi berkaitan dengan pembelajaran. Pemateri sendiri merupakan guru-guru di SMAN 23 Bandung. ’’Kurikulum yang berkaitan dengan pembelajaran juga kita berikan untuk mereka,’’ terang dia.

Terkait isi kegiatan di dalam MPLS, kata dia, pihak sekolah tidak akan memberatkan para peserta. Sesuai aturan yang diberikan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung, untuk MPLS di SMAN 23 pun akan dilaksanakan sesuai anjuran yang diisi kegiatan positif. ’’Kalau ada tugas, itu berkaitan dengan isi materi yang nanti akan diberikan. Atau mungkin nanti dikondisikan sesuai arahan membawa bunga satu kelas dua (batang),’’ jelas dia.

Terkait dengan praktik perploncoan, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengaku, pernah mengalaminya. Yakni, saat mengikuti masa orientasi siswa tingkat SMP di tempat kelahirannya, Kabupaten Sukabumi. ’’Saat itu saya disuruh merayu tiang listrik. Ya senior kan waktu itu nggak pernah salah,’’ kata dia di Gedung Sate kemarin (27/7).

Karena itu, dia menyatakan sependapat dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan yang menilai masa orientasi siswa (MOS) tahun ajaran baru boleh dilakukan. Asal tanpa kekerasan. Perpeloncoan yang ada unsur “mem-bully” kepada siswa baru, menurut dia, sangat tidak dibenarkan dan tidak mendidik. ’’Bahkan kalau ada sekolah yang masih memberlakukan perploncoan dan bully, saya kira harus dipecat kepala sekolahnya, saya setuju,’’ kata dia.

Sebelumnya, Kepala Disdik Kota Bandung Elih Sudiapermana mengatakan, pihaknya sudah menyampaikan surat edaran kepada setiap kepala sekolah untuk tidak melakukan kegiatan-kegiatan yang merugikan. ’’Kita kan inginnya mendidik, misalkan baju harus rapih tapi kalau tiba-tiba coreng moreng kan nggak jelas,’’ ujar Elih di kantornya. (fie/ant/tam)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan