Ciptakan Kamtibmas dengan Gandeng Linmas

[tie_list type=”minus”]Pakai Sistem Satu Pintu[/tie_list]

CILEUNYI – Jajaran Polsek Cileunyi mulai melakukan pengamanan wilayah di sekitar Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung. Pengamanan tersebut mulai dilakukan pada malam H-7 Lebaran atau beberapa hari yang lalu.

Sabhara Polresta Bandarlampung
JP PHOTO

TURUN TANGAN: Anggota Satuan Sabhara Polresta Bandarlampung berkeliling di sejumlah jalan protokol kemarin (29/6). Patroli dilakukan untuk mengantisipasi tindak kejahatan, khususnya saat Ramadan dan menjelang Idul Fitri.

Kapolsek Cileunyi Kompol Edi Suwandi mengatakan, pengamanan mudik lebaran 2015 tersebut merupakan prosedur tetap (protap) dari Kapolda Jabar Irjen Pol Moechgiyarto dan Kapolres Bandung AKBP Erwin Kurniawan.

’’Pengamanan ini protap langsung dari Pak Kapolda dan Pak Kapolres. Kita melakukan patroli setiap harinya di wilayah, terutama di perumahan-perumahan yang ada di Cileunyi,’’ kata Edi kepada kepada wartawan kemarin (13/7).

Menurutnya, dalam pengamanan selama mudik tersebut, Polsek Cileunyi juga bekerja sama dengan Linmas, Karang Taruna dan pihak RT/RW di masing-masing wilayah. Dia menjelaskan, kerja sama dengan aparat desa dengan cara menciptakan sistem satu pintu masuk di beberapa perumahan yang ada di Cileunyi. Sehingga, pengamanan oleh penjaga di pintu masuk perumahan dapat mendeteksi dan mengawasi keluar masuk orang atau pun kendaraan yang bukan milik warga asli perumahan.

’’Jadi dengan sistem satu pintu, penjaga perumahan wajib menanyai pengunjung yang akan masuk ke perumahan, dan menahan sementara identitas mereka agar mempermudah pengecekan,’’ jelasnya.

Edi menambahkan, Polsek Cileunyi telah menyebar selebaran Kamtibmas kepada seluruh masyrakat Cileunyi melalui Kepala Desa yang nantinya akan di salurkan ke tiap-tiap RW/RT di wilayah desanya masing-masing.

Isi selebaran tersebut, lanjut Edi, adalah imbauan yang ditujukan kepada masyarakat Cileunyi yang akan mudik ke kampung halaman masing-masing, agar menitipkan rumah ke tetangga yang tidak mudik atau petugas keamanan desa. ’’Jadi mereka yang mau mudik bisa menitipkan rumah kepada tetangga atau hansip agar terus terpantau dan tetap aman dari pencurian,’’ ucapnya.

Sementara itu, sepertiga kekuatan Polsek Cileunyi yang tidak diturunkan ke jalur-jalur mudik, kata dia, juga akan terus memantau dan berpatroli setiap malam untuk mengimbangi kegiatan masyarakat.

Tinggalkan Balasan