Memburu Final Ke-27

Ada beberapa hal yang dianggap pemain anyar Boca Juniors tersebut menunjukkan aspek berbeda dari timnas Argentina, terlebih pasca memaksa Kolombia mengakhiri laga lewat adu tendangan penalty. ”Sekarang kami bermain lebih tenang, dan tetap mampu menjaga ball possession, plus defense,” cetusnya.

Yang menjadi tantangan sekarang adalah bagaimana membongkar pertahanan Paraguay. Di beberapa laga terakhir, khususnya saat mengalahkan Brasil via adu tendangan penalty, Minggu pagi kemarin (28/6), pelatih Ramon Diaz punya strategi jitu dengan menumpuk lini tengahnya dalam membendung serangan Brasil.

Kemungkinan besar, strategi yang tidak jauh berbeda akan diperagakan Diaz. Sekalipun Tata pernah menukangi Paraguay empat tahun lalu, mantan pelatih Barcelona itu belum tentu bisa dengan mudah membongkar pertahanan Justo Villar dkk.

“Tetapi, Argentina tetap tim terbaik dunia, puji Diaz,” dikutip dari IANS.

Secara terpisah, penyerang gaek Paraguay Roque Santa Cruz menilai Argentina kali ini berbeda dibandingkan dengan di fase grup lalu. Untuk mencuri gol di babak kedua lagi pun kecil kemungkinannya. Pada laga terakhir melawan Brasil lalu, Paraguay hanya bisa mencuri gol di interval kedua dari titik putih.

Padahal, sepanjang interval kedua, ada tujuh dari 11 shots Paraguay terjadi di 45 menit babak kedua. Artinya, 63 persen intensitas serangan Paraguay terjadi di babak kedua. “Di pertemuan kedua ini, tidak akan semudah pada pertemuan di fase grup lalu,“ ungkap Cruz.

Striker Nelson Haedo Valdez kini berharap rekan-rekannya tidak lagi terlambat panas seperti di pertemuan pertama. Dia meyakini, Argentina kali ini pasti akan membunuh Paraguay jika tetap tertekan di babak pertama terlebih dahulu. “Kalau kami kembali deficit dua gol di babak pertama, kami tidak akan bisa mengejarnya lagi,“ sebutnya.

Pemain yang menjadi Man Of The Match di balik kemenangan atas Brasil lalu itu menganggap Argentina lebih baik dibandingkan Brasil. Kondisi tanpa Neymar da Silva Santos Jr disebutnya sedikti berdampak dengan mudahnya membendung serangan dari Selecao itu.

Kemudahan itu yang sulit ditemui lagi di laga melawan Argentina.“Karena di dalam tim ini banyak pemain yang bisa menjadi pembeda,“ tegasnya. Argentina akan tampil dengan kekuatan penuh dengan trio Lionel Messi, Sergio Aguero dan Angel di Maria siap menghabisi pertahanan Paraguay. (ren/mio)

Tinggalkan Balasan