oleh

Mengejar Juara, Melawan Cedera

[tie_list type=”minus”]Kolombia Terbanyak Kehilangan Pemain [/tie_list]

SANTIAGO – Setahun silam, Kolombia mampu tampil mencengangkan dengan lolos ke babak perempat final Piala Dunia 2014. Dengan mengacu pada prestasi terakhir tersebut, seharusnya Los Cafeteros ” julukan timnas Kolombia bisa mendapatkan hasil lebih baik di Copa America 2015 ini.

copa america 2015Namun, untuk mendapatkannya, Kolombia harus bekerja ekstra keras. Di Cile, mereka tidak hanya melawan 11 negara lainnya, melainkan juga melawan cedera. Sebab, skuad asuhan Jose Pekerman ini datang ke Copa America dengan komposisi tim yang tereduksi cedera.

Dari lima pemain yang tersingkir sebelum Copa America, empat di antaranya menjadi kekuatan Kolombia di Piala Dunia 2014. Dimulai dari Adrian Ramos dan Abel Aguilar (cedera engkel), lalu Juan Fernando Quintero (cedera lutut) dan kemudian Freddy Guarin (cedera hamstring). Satu lainnya non skuad Piala Dunia, Daniel Bocanegra.

Sebagai gantinya, beberapa nama pun dimasukkan, termasuk kembali turunnya Radamel Falcao Garcia. Lini tengah ditambal dengan adanya Edwin Valencia dan Edwin Cardona. Lalu, ada juga pemain muda Sampdoria Luis Muriel yang dipanggil untuk memperkuat Kolombia.

Salah satu pemain andalan Kolombia, David Ospina tetap konfiden dengan peluang tim yang dibelanya di Cile nanti. ”Sekalipun untuk tahun ini kami diterpa badai cedera, dari sisi keutuhan tim kami sudah kompak seperti di Piala Dunia 2014 lalu,” ujarnya, kepada La Tercera.

Dia berkaca dengan apa yang terjadi pada Piala Dunia 2014 lalu. Saat itu mereka tampil tidak dengan kekuatan penuh, termasuk tanpa Falcao yang terkena cedera lutut. Secara pengalaman, Kolombia tahun ini sudah punya modal untuk mengatasi badai cedera kali ini.

”Di Brasil kami sudah bisa menunjukkan bahwa Kolombia bisa mengalahkan siapapun, dan sekarang kami datang ke Cile dengan penuh opsi dan mentalitas tinggi bahwa kami bisa menjadi juara Copa America,” koar penjaga gawang yang menjadi andalan Arsenal musim ini.

Kondisi yang nyaris sama juga didapatkan Carlos Dunga, pelatih Brasil. Beberapa saat sebelum dia mengumumkan daftar skuadnya, pemain-pemain bintang Selecao banyak bertumbangan. Sebut saja bek Luiz Gustavo dan Marcelo, gelandang Oscar dan penjaga gawang Diego Alves.

Padahal, keempatrnya sempat digadang-gadang masuk dalam komposisi andalan Dunga di Cile. Salah satu yang mendapatkan berkah ini adalah Fred. Dia kembali mengenakan jersey kuning Brasil ini untuk menggantikan Gustavo. Dengan dipercaya masuk kembali ke skuad, Fred yakin bisa lebih baik lagi.

Boo yang sudah sering didapatkannya di Piala Dunia 2014 lalu pun dijanjikannya tidak akan terulang. ”Saya sudah berubah sejak bermain di kompetisi Eropa, tentunya lebih baik dari tahun lalu. Sepak bola luar negeri berbeda dengan di Brasil, dan itu membantu saya untuk berkembang,” klaim pemain yang musim ini bermain untuk klub Ukraina, Shakhtar Donetsk.

Yang terbaru, Brasil mesti harap-harap cemas dengan kondisi bek kanannya, Danilo. Bek yang musim depan bermain di Real Madrid itu mengeluhkan nyeri di engkel kaki kanannya pasca uji coba kontra Meksiko, akhir pekan lalu. Dia pun tidak ikut berlatih bersama Neymar dkk di Porto Alegre.

Makanya, pada laga uji coba menghadapi Honduras hari ini, dia tidak akan dimainkan dan digantikan bek muda AS Monaco, Fabinho. ”Danilo untuk sementara akan menjalani masa recovery. Penggantinya, sekalipun masih muda, saya yakin dia bisa mereduksi gap dengan Danilo,” klaimnya, kepada sport.es.

Sementara itu, pencetak gol terbanyak Copa America 2011 silam, Paolo Guerrero sempat diragukan bisa membela Peru dalam Copa America tahun ini, dikarenakan cedera di engkel kaki kanannya. Meskipun, namanya masih ada dalam komposisi pemain asuhan Ricardo Gareca.

Kemarin, Gareca menegaskan bahwa bomber Flamengo itu sudah siap dimainkan dalam laga pembuka kontra Brasil, 14 Juni nanti di Estadio Municipal Germ”n Becker, Temuco. ”Dia sudah baik-baik saja, dan pulih dari cedera. Tidak ada keraguan dalam dirinya,” tegas Gareca. (ren/mio)

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga