Mulai Bangun PLTA Jatigede

Dia berharap, pembangunan accesss road tersebut bisa sesuai jadwal yang telah ditentukan. Jika tidak meleset, jalan tersebut bisa dilalui pada Juni nanti.

’’Terlebih panjangnya juga cuma tujuh kilometer. Kami yakin bisa cepat selesai. Berbeda dengan PLTA Cisokan, sebab access road-nya sepanjang 27 kilometer,’’ paparnya sambil menambahkan, pembangunan PLTA Jatigede memakan waktu 43 bulan.

Disinggung soal permintaan Jokowi yang meminta proyek tersebut dipercepat, Anang mengaku, siap memberikan pressure kepada kontraktor. Terlebih, kontraktor yang pakai cuma satu paket. ’’Artinya cukup menekan satu saja. Semoga bisa dipercepat,’’ tandasnya.

Dia merinci, PLTA Jatigede menggunakan lahan total 147 hektare. Terdiri atas lahan 88,77 hektare lahan masyarakat. Sedangkan sisanya menggunakan lahan kehutanan. ’’Nah, untuk pembayaran sisa tadi akan dibayar dari anggaran PLN (APLN),’’ singkatnya.

Selain untuk menopang kebutuhan listrik, kata dia, PLTA Jatigede akan dipakai untuk memenuhi kebutuhan air irigasi, air baku, pemeliharaan sungai (duty flow). (rie/hen)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan