Bandung-Solo Bersinergi

[tie_list type=”minus”]Didorong Jadi Kota Kreatif [/tie_list]

SUMUR BANDUNG – Badan Ekonomi Kreatif mendorong kepala daerah untuk mengembangkan ekonomi kreatif di daerahnya masing-masing. Terkait dengan hal ini, Pemerintah Kota Bandung dan Pemerintah Kota Solo menandatangani perjanjian kerjasama (MoU) demi pengembangan ekonomi kreatif. Penandatanganan MoU dilakukan bersamaan dengan pembukaan acara Creative Cities Conference yang digelar di Pendopo Wali Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum, kemarin (26/4).

Hadir dalam acara tersebut Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo.

Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf mengatakan, kerja sama antara Bandung dan Solo menjadi salah satu bagian untuk memperkuat pondasi badan ekonomi kreatif. Diharapkan, langkah Bandung dan Solo ini dapat menginisiasi daerah-daerah lain untuk melakukan hal serupa.

’’Dengan adanya kerja sama seperti Bandung, dan Solo ini berarti program kita sudah mulai jalan. Kami akan saling bantu dengan pemimpin pemimpin lainnya seperti Kang Emil (sapaan Ridwan Kamil), untuk bisa memiliki program-program yang lebih kuat lagi,’’ ujar Triawan kepada wartawan kemarin (26/4).

Dia mengaku, untuk mewujudkan hal itu dibutuhkan sarana dan prasarana seperti infrastruktur. Pihaknya menyatakan, siap memberikan sokongan dana kepada pemerintah daerah untuk mengembangkan ekonomi kreatif. ’’Karena kadang-kadang mimpi-mimpinya Kang Emil itu sering terbatasi dengan dana. Kami punya itu. Nanti kami akan banyak membantu, dan membuat program-program bersama pemimpin lainnya,’’ terang dia.

Namun demikian, Triawan enggan menyebut rincian besaran anggaran untuk alokasi pengembangan ekononi kreatif. Tapi dia memastikan anggaran tersebut lebih dari cukup untuk menjalankan sejumlah program yang dirancang oleh lembaga yang dipimpinnya itu. ’’Dananya lebih dari cukup. Justru yang kurang sekarang badannya itu sendiri, karena badannya belum cukup kuat, organisasinya juga baru. Jadi ini dari nol,’’ ujar dia.

Sementara itu, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, dukungan dari Badan Ekonomi Kreatif untuk pengembangan ekononi kreatif dapat mempercepat akselerasi kota-kota di Indonesia. Termasuk, kota Bandung. Dengan adanya badan kreatif, dari hulu ke hilirnya itu sudah lengkap.

Tinggalkan Balasan