Persiapan KAA Sudah 95 Persen

[tie_list type=”minus”]Gubernur Ajak Masyarakat Ciptakan Suasana Kondusif [/tie_list]

BANDUNG – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peninjauan langsung persiapan pelaksanaan Konferensi Asia-Afrika (KAA) yang akan diselenggarakan di Bandung pada 24 April nanti.

’’Setelah saya tinjau untuk persiapan acara KAA pada 24 April 2015 mendatang di Kota Kembang sudah 95 persen,” jelas Jokowi ketika ditemui di Jalan Merdeka kemarin (16/4).

Dia mengatakan, persiapan untuk peringatan KAA ke-60 di Kota Bandung sudah baik. ’’Tinggal finishing,” singkatnya.

Meski demikian, lanjut dia, masih ada kekurangan di kiri-kanan jalan yang akan dilintasi para kepala negara serta delegasi pemerintahan nanti.

’’Tadi dari Bandara Husein Bandung langsung kita ke hotel (Savoy Homann) mengecek semuanya sampai ke Gedung Merdeka, tempat acara. Tapi, kanan-kiri kota kurang tambahan bunga sedikit-sedikit, toilet juga dicek tadi. Secara umum 95 atau 96 persen siap,’’ ungkap Presiden RI ke-7 ini.

Ketika ditanya seputar hal yang akan menjadi pembahasan pada konferensi, Presiden menjawab bahwa perlunya KAA tersebut untuk menjaga keseimbangan dan keadilan global bagi bangsa-bangsa di Asia dan Afrika.

’’Kawasan Asia-Afrika akhir-akhir ini memerlukan perhatian khusus. Karena memerlukan keseimbangan dan keadilan global yang akan disuarakan saat pertemuan. Mungkin nanti akan ada pertemuan khusus yang membahas Yaman, Syria, Laut Cina Selatan,’’ ucap Jokowi.

Lebih lanjut, dia mengatakan negara yang telah konfirmasi hadir ada 79 negara. Selain itu, akan hadir pula sebanyak 28 kepala negara/pemerintahan.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan, Bandung sebagai Ibukota Jawa Barat akan terus melakukan penataan demi suksesnya KAA.

Menurutnya, peristiwa terjadinya KAA pada masa kepemimpinan Presiden Soekarno merupakan awal tonggak sejarah bagi negara-negara berkembang seperti Indonesia.

’’Nah sekarang peristiwa bersejarah itu terulang lagi di sini, dan diikuti oleh negara-negara yang sama. Ini peristiwa dunia dan Jawa Barat, Kota Bandung akan menjadi perhatian dunia kembali,’’ cetus Heryawan.

Untuk itu, dia mengimbau kepada seluruh lapisan masyrakat di Jawa Barat khususnya di Bandung agar bersama-sama untuk menyukseskan KAA dengan menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan