Rasio Elektrifikasi Rendah

Sementara itu, berdasarkan data dari Dinas Bina Marga KBB, masih banyak ribuan KK yang belum menikmati listrik. Kepala Bidang Sumber Daya Air dan Pertambangan Dinas Bina Marga KBB, Dani Prianto Hadi membenarkan, saat ini warga di KBB masih ada yang belum menikmati pasokan listrik dari PT PLN. ”Ada 112. 481 KK dari total 443.301 KK di KBB yang belum menikmati listrik. Artinya, sekitar 25 persen belum merasakan pasokan listrik tersebut,” kata Dani.

Diakui Dani, sesuai data di lapangan, saat ini baru 336.113 KK yang sudah menikmati penerangan dari PT PLN. Pihaknya, juga tentu terus melakukan pembenahan agar pasokan listrik ini dapat dirasakan seluruh lapisan masyarakat Bandung Barat.

”Setiap tahun pemda mengalokasikan bagi 1000 hingga 1500 KK untuk mendapat listrik desa. Bahkan, pemda memberikan hibah khusus pasokan listrik ini hingga Rp 2 miliar lebih,” katanya seraya menyebutkan pertumbuhan pasokan listrik setiap tahunnya hanya 0,18 persen di KBB.

Masalahnya, kata dia, sehebat apapun Pemkab Bandung Barat, jika tidak didukung oleh PT PLN, tentu pihaknya tetap mengalami kesulitan. ”Tugas pokoknya kan ini dari PT PLN. Sebagai pelayanan publik soal penerangan listrik, seharusnya PT PLN bisa mendata ke lapangan atau melakukan koordinasi dengan warga. Padahal, kita sudah memberikan surat kepada PT PLN melalui Pemprov Jabar, nanti pihak pemprov yang memberikan kepada PT PLN,” terangnya. (drx/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan