Vettel Tampil Tercepat

ISTIMEWA

RB11 Terpaksa tanpa Sayap Depan

JEREZ – Tim Ferrari tampil meyakinkan pada dua hari awal sesi uji coba pramusim perdana Formula 1 2015 di Jerez, Spanyol. Pembalap anyar tim Kuda Jingkrak, Sebastian Vettel, tampil tercepat pada hari perdana dan masih tetap memimpin catatan waktu hingga mendekati akhir sesi pada hari kedua kemarin.

Tapi, perhatian masih tercurah kepada mobil tim Red Bull-Renault RB11. Selain karena livery yang menarik, kemarin RB11 yang dikendalikan Daniil Kvyat muncul tanpa sayap depan. Minus sayap depan, berarti hidung atau moncong mobil terlihat nyata.

Pilihan tersebut diambil tidak lain karena masalah yang dihadapi RB11 pada sesi pertama pagi kemarin. Kvyat tergelincir dan nyaris menghantam tembok pembatas. Meski secara keseluruhan tidak mengalami masalah, ada sedikit kerusakan pada sayap depan RB11. Bukannya menghentikan kesempatan uji coba, Kvyat tetap melaju tanpa sayap depan dan melahap 18 lap.

’’Sayang sekali Daniil tidak mendapat grip yang bagus di install lap pagi ini (kemarin) karena lintasan yang dingin. Dia mengganti sesuatu pada kemudi, lalu pada tikungan 2 ke 3, sayap depan menyentuh ban pembatas,’’ terang Christian Horner, team principal Red Bull.

Dia menegaskan, hal itu bukanlah masalah berarti bagi timnya. Tanpa sayap depan pun, RB11 masih memiliki down force yang bagus. Tapi, dia dan timnya tetap menanti kelengkapan mobil. Itu berarti Red Bull harus menanti paling cepat hari ini baru bisa melihat kemampuan mobilnya secara utuh.

’’Paling cepat besok pagi (pagi ini) sayap depan pengganti datang. Kami harus mencoba keseimbangan mobil ini,’’ ujar Horner.

Sehari sebelumnya, langkah Red Bull juga kurang optimal. Saat para rivalnya rakus dalam melahap lap pada hari pertama, bersama Daniel Ricciardo, RB11 hanya melahap 35 lap. Jumlah itu paling sedikit nomor dua. Hanya lebih banyak dari McLaren-Honda yang dikendalikan Fernando Alonso, yaitu enam lap. (c5/ady/tam)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan