Sistem Baru BPJS Menyulitkan

Hal ini dinilai sangat merugikan peserta BPJS, karena uang yang sebelumnya telah dibayarkan untuk premi akan hangus begitu saja.

Dia mengatakan, untuk pelayanan di rumah sakit sendiri selama ini tidak ada kendala. Setiap rumah sakit bisa melayani dengan baik seluruh peserta BPJS. Namun, yang perlu dipertanyakan adalah apabila ada kasus melahirkan. ’’Di RS Soreang, si bayi harus membuat SKTM atau surat jaminan sejenisnya, walaupun ibunya dijamin dengan BPJS. Tapi di RS Al Ihsan Baleendah, si bayi secara otomatis dijamin dengan BPJS ibunya. Saya masih mempertanyakan hal ini,’’ imbuhnya.

Seorang PSM lain yang berasal dari Baleendah, L. Juwita juga mengeluhkan banyak hal terkait pendaftaran BPJS. Dia sendiri ditemui Soreang Ekspres di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcasip), saat tengah mengurusi Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tidak terdaftar dalam database online BPJS. Dia merasa sangat heran, padahal Kartu Keluarga (KK) yang dimiliki orang yang akan mendaftar BPJS itu adalah yang terbaru dari Disdukcasip.

Namun ternyata yang terdaftar di BPJS hanya nama orang tuanya saja, sementara nama anaknya sama sekali tidak ada. ’’Saya datang ke sini untuk mempertanyakan hal tersebut. Tapi dari pihak Casip telah meyakinkan saya bahwa mereka telah mengirim data terbaru semua penduduk ke BPJS,’’ jelas perempuan paruh baya itu.

Menurutnya, bukan sekali dua kali hal tersebut terjadi. Itu merupakan salah satu kendala yang dirasakan masyarakat pada saat akan mendaftarkan diri jadi peserta BJS. Padahal seluruh anggota keluarga harus ikut mendaftar. ’’Itu juga menyulitkan masyarakat. Soalnya akan menjadi sangat berat bagi warga miskin yang memiliki banyak anggota keluarga. Sedangkan buat makan saja sulit, apalagi membayar premi BPJS?’’ ungkapnya.

Selain itu, keluhan lain yang disampaikannya adalah mengenai pelimpahan peserta jaminan kesehatan seperti Gakinda dan Jamkesmas. Ternyata, banyak pesertanya yang tidak terdaftar di database BPJS. Padahal menurut pemerintah semua peserta secara otomatis akan dilimpahkan. (mg15/far)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan