Warga Desa Cisempur, Jatinangor Bekerjasama Membersihkan Material Pasca Longsor

SUMEDANG – Seperti diketahui sebelumnya, wilayah Desa Cisempur Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang mengalami bencana longsor pada Sabtu, (9/1/21) kemarin.

Ketua RW 01 Desa Cisempur, Rahmat Gunawan menjelaskan bahwa kronologis kejadian bermula dari derasnya hujan sehingga tanah di lokasi kejadian menjadi gembur dan mengakibatkan longsor.

Setelah kejadian itu, warga Desa Cisempur berbondong membersihkan material tanah yang sebelumnya diketahui sempat menghalangi ruas jalan.

“Waktu itu ‘kan tertutup lumpur tebel, takutnya ada kendaraan lewat, licin, takut jatuh jadi kita tutup sementara sambil membersihkan jalan,” kata Rahmat saat diwawancarai tim Jabar Ekspres pada Rabu (13/1/21).

Untuk pengerjaan membersihkan material tanah akibat longsor, kata Rahmat setelah kejadian berlangsung warga bekerjasama membersihkan sisa-sisa material yang sempat menutupi ruas jalan hingga Rabu (13/1/21).

“Masih aktif sampai sekarang. Dari warga, ada juga dari Pesantren Al-Itihad,” tuturnya.

Terkait musibah longsor pada Sabtu (9/1/21) kemarin, mengingat saat ini curah hujan sedang tinggi, Rahmat memberi imbauan kepada warga supaya lebih waspada serta memperhatikan situasi sekitar sebab dikhawatirkan terjadi longsor susulan.

“Diimbau kalau supaya ada hujan cepet ngungsi. Antisipasi ajalah, antisipasi. Jangan sampai ya korban di Cimanggung juga itu ‘kan longsor susulan, longsor kedua itu, yang ditakutkan seperti itu, tapi amit-amit yah,jangan sampailah ada hal-hal yang tidak diinginkan,”imbuhnya. (Mg10, Ira)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan