oleh

Sampah Tembus 43 Ton

BANDUNG– Perayaan malam pergantian tahun baru di Kota Bandung menghasilkan tumpukan sampah hingga 104,5 m3 dari seluruh penjuru Kota Bandung. Namun saat pergantian tahun baru 2020 ini timbulan sampah yang terangkut hanya 88 m3.

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mengklaim tumpu­kan sampah di tahun ini men­galami penurunan dibanding tahun sebelumnya. Data ini dihitung dari jumlah sampah yang diangkut oleh petugas PD. Kebersihan saat terjun dalam operasi malam tahun baru.

Penjabat Sementara (Pjs) Direktur Utama PD. Kebersi­han, Gungun mengatakan, jika aplikasi ke tonase, 1 me­ter kubik sama dengan 0,49 ton. Bila dikalikan 88 meter kubik, jumlah sampah me­rayakan tahun baru di Kota Bandung mencapai 43,12 ton sampah.

“Jadi saat tahun baru 2020 ini volume total sampah di Kota Bandung turun 16,5 m3 atau turun 15,78 persen di­bandingkan tahun 2019 lalu,” kata Gungun, Rabu (1/1).

Secara rinci timbulan sam­pah saat malam pergantian tahun kali ini yaitu sebanyak 32 m3 dari Kota Bandung wi­layah barat, 16 m3 di wilayah utara. Sisanya, sebanyak 30 m3 dari wilayah selatan dan 10 m3 dari wilayah timur.

Gungun menyebut banyak faktor yang menyebabkan timbulan sampah di momen pergantian tahun menurun. Salah satunya, imbauan Pem­kot Bandung untuk menyel­enggarakan acara Bandung Berzikir secara serentak di seluruh wilayah.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.