Peta Sebaran Masih Gelap, Pemprov Gencar Tes Masif Keluarga ASN

BANDUNG – Pemerintah Provinsi Jawa Barat mel­alui Gugus Tugas Perce­patan Penanggulangan Covid-19 Jawa Barat (GT­PP Jabar) terus berupaya melakukan pelacakan terhadap 40 pegawai Ge­dung Sate yang terpapar Covid-19.

Juru Bicara GGTP Jabar, Daud Achmad mengata­kan, saat ini keluarga dari 40 pegawai yang ter­konfirmasi positif sudah dilakukan pengetesan. Sebab, ditakutkan kelu­arga pegawai pun ikut terpapar

“Tesnya kepada kelu­arga sudah berjalan. Namun sampai saat ini belum ada hasilnya,” ucap Daud saat dihubungi Ja­bar Ekspres, Minggu (2/8).

Mesti begitu, mantan Plt Sekda Jabar pun belum bisa memutuskan berapa total kontak erat yang akan dilaksanakan swab test.

Tak hanya keluarga (ter­papar), Gugus Tugas pun akan melakukan pelaca­kan terhadap orang yang dekat yang pernah kontak denganya.

Sementara itu, Ketua Harian Gugus Tugas Per­cepatan Penanggulangan Covid-19 Jawa Barat (Ja­bar) sekaligus Sekretaris Daerah (Sekda) Jabar Se­tiawan Wangsaatmaja meminta mereka untuk melakukan isolasi man­diri di rumah masing-masing.

Bagi yang tidak bisa melakukan isolasi man­diri, kata Setiawan, pem­prov Jabar akan memfa­silitasi isolasi di Pusat Isolasi Mandiri di BPSDM Jabar, Kota Cimahi.

Terhadap 40 orang ter­konfirmasi positif itu, Setiawan menjelaskan, Gugus Tugas Jabar juga telah melakukan contact tracing (pelacakan kontak erat) terhadap 20 orang dari masing-masing kasus dan memfasilitasi peng­etesan bagi kontak erat termasuk keluarga.

“Setelah kami tahu 40 yang terkonfirmasi positif ini, se­gera kami cek melalui contact tracing. Kami langsung me­neliti dan menanyakan satu-satu kepada orang yang ter­konfirmasi positif, dalam satu minggu terakhir bertemu dengan siapa dan di mana saja. Itu sudah terdata. Rasio­nya, ambil dari satu orang (positif), kami tracing 20 (orang). Ada 800 orang yang harus kita uji,” katanya

“Kepada kontak erat (kasus positif), ada beberapa di an­taranya langsung kita lakukan pengetesan metode PCR di­fasilitasi di Labkesda Jabar (di Kota Bandung),” imbuhnya.

Sementara itu, pengetesan swab test di Gedung Sate tidak hanya dilakukan pada Senin lalu. Tes proaktif dalam rang­ka meningkatkan agresivitas pengetesan juga digelar di Gedung Sate pada Selasa (28/7) dan Rabu (29/7).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan