Dinas Kesehatan Cimahi Siapkan Program Vaksinasi Covid-19

JABAR EKSPRES  – Dinas Kesehatan Kota Cimahi tengah menyiapkan program vaksinasi Covid-19 sebagai respons terhadap beberapa kasus pasien Covid-19 di kota Cimahi pada tahun 2023.

Berdasarkan Surat Edaran HK.02.02/E/2571/2023 mengenai Penyediaan Vaksin untuk Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Pilihan, terdapat ketentuan khusus dalam pelaksanaan program imunisasi Covid-19.

“Pelaksanaan vaksin Covid-19 di Cimahi memang ada surat edaran dari Kemenkes terkait untuk pelaksanaan vaksin Covid-19 ini Kemenkes sudah ada dua ketentuan,” ungkap Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Cimahi, Dwihadi Isnalini pada wartawan, Rabu 3 Januari 2024 di Kantor Dinkes Cimahi.

Saat ini, pemberian vaksin Covid-19 telah berkembang dari masa Pandemi lalu menjadi program vaksinasi, di mana vaksinasi mandiri menjadi alternatif yang tersedia.

BACA JUGA: Bikin Panik Warga, Info Peta Episentrum Gempa Sumedang Hoax!

“Jadi kita sedang pelaksanaan vaksinasi Covid-19, ada vaksin mandiri dan vaksin program,” ucap Dwihadi.

“Jadi sekarang vaksin Covid-19 sejak Pandemi itu sekarang berlaku vaksin program, dan vaksin mandiri jadi vaksin Covid-19 jadi pilihan sekarang,” tambahnya.

Dwihadi menuturkan, kelompok masyarakat yang berisiko tinggi terhadap kematian dan penyakit parah, seperti lansia, akan menerima vaksin Covid-19 secara gratis dari pemerintah. Program vaksinasi juga mencakup dewasa muda dengan komorbid dan obesitas berat, yang juga memperoleh vaksin secara gratis.

“Kemudian, kelompok beresiko lainnya yang memerlukan perhatian, yaitu dewasa, remaja usia 12 tahun keatas dengan kondisi imuno kompromise sedang sampai berat jadi ada saya tahan tubuh yang sedang sampai berat kemudian wanita hamil dan tenaga kesehatan yang bertugas di garda terdepan,” jelas Dwihadi.

Bagi warga yang tidak tercakup dalam program imunisasi yang diatur oleh Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 23 tahun 2023, Dwihadi mengatakan terkait penanganan Covid-19, mereka dapat memilih opsi imunisasi mandiri dengan biaya.

“Untuk harganya kami belum mengetahui, karena itu yang menyediakan vaksinnya Biofarma. Karena, seperti di puskesmas yang ada di Cimahi mereka sudah BLUD,” imbuhnya.

Puskesmas saat ini kemungkinan sedang mempersiapkan anggaran untuk layanan, termasuk biaya suntik dan logistik lainnya, sesuai dengan persiapan yang diperlukan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan